Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar ke Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Surabaya, Jawa Timur, agar lulusan Universitas Oxford dan Harvard itu dapat menjadi inspirasi bagi para mahasiswa.

"Jadi saya mengajak Billy, agar semuanya memiliki semangat untuk belajar, semangat untuk maju. Semuanya memiliki kesempatan yang sama, yang penting punya semangat dan kemauan," ujar Presiden Jokowi selepas meresmikan AMN Surabaya, Jawa Timur, Selasa, sebagaimana keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden diterima di Jakarta, Selasa malam.

Presiden menjelaskan bahwa Billy berasal dari Papua dan merupakan alumni dari perguruan tinggi ternama baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

"Saya juga dapat kuliah karena mendapat beasiswa, sama seperti adik-adik," kata Billy.

Baca juga: Budi Gunawan bergurau kerutan Prabowo sesuai kriteria Jokowi

Baca juga: Jokowi: Prabowo punya kerutan dan rambut ada putihnya


Pendidikan Strata 1 (S1) Billy diperoleh dari Institut Teknologi Bandung (ITB), sedangkan dua gelar Strata 2 (S2) diperolehnya dari Universitas Oxford di Inggris dan Universitas Harvard di Amerika Serikat.

"Saya akan melanjutkan pendidikan S3 di Universitas Pennsylvania Amerika Serikat yang akan dimulai pada Januari 2023 melalui beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)," ujar Billy.

Lebih lanjut Billy pun memberikan kiat-kiat keberhasilan nya.

Baca juga: Kepala BIN: AMN Surabaya jadi model rumah kebhinekaan

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Asrama Mahasiswa Nusantara di Surabaya


"Kuncinya adalah bekerja keras, jangan malu-malu membuka diri kepada kebudayaan berbeda, jangan membuang-buang waktu. Taruh foto orang tua di kamar sebagai sumber motivasi," ucap Billy.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga memperkenalkan para menteri Kabinet Indonesia Maju kepada para mahasiswa di AMN, di antaranya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022