Keberadaan Pos TNI Angkatan Laut di daerah perbatasan RI-PNG memberikan warna baru.
Jayapura (ANTARA) - TNI Angkatan Laut Jayapura membantu tenaga pendidik untuk memberikan pelajaran kepada siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Inpres Skouw Mabo di perbatasan RI-PNG di Kampung Skouw Mabo, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.

Komandan Personel Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Letda Marinir Argubin dalam siaran pers di Jayapura, Rabu, mengatakan kegiatan itu dalam rangka membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul, salah satunya dengan cara mencerdaskan generasi penerus di Papua.

“Keberadaan Pos TNI Angkatan Laut di daerah perbatasan RI-PNG memberikan warna baru dalam melaksanakan tugas dan fungsi Posal yang mana melakukan Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) pada bidang pendidikan,” katanya.

Menurut Argubin, pada proses pembelajaran pihaknya mengajarkan cinta Tanah Air, matematika dan wawasan kebangsaan. Selain itu juga mengajak anak-anak Kampung Skouw untuk melihat tempat Pos TNI AL sambil menarik Yosim Pancar (Yospan) bersama serta bermain bola.

“Terlihat anak-anak tersebut dan anggota kami yang melakukan pengabdian di tapal batas penuh semangat membantu pembelajaran,” ujarnya.

KepalaSDN Inpres Negeri Skouw Mabo Melisa Iriani Mandoser mengatakan pihaknya memberikan apresiasi kepada Pos TNI AL Skouw Sae yang telah mengajar di sekolah.

"Kami sangat terbantu sekali dengan adanya para tentara yang sudah membantu mengajar anak-anak di SD Negeri Inpres Skouw Mabo, diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut,” katanya pula.

Sebelumnya, Pos TNI Angkatan Laut di Skow Sae melakukan pengajaran di SDN Inpres Skouw Mabo dengan melibatkan tiga orang personel.

Selain itu, juga dilakukan pemberian buku tulis bagi anak-anak sekolah yang berada di perbatasan RI-PNG di Kampung Skouw Mabo, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua pada Selasa, 29 November 2022.
Baca juga: TNI AL gelar karya bakti di perbatasan Indonesia-Timor Leste
Baca juga: TNI AL jamin keamanan nelayan di Laut Natuna Utara


 

 

 

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022