Pekan Kreatif Nusantara 2022 merupakan peringatan dan perayaan sewindu penganugerahan Kota Pekalongan sebagai anggota Jejaring Kota Kreatif Dunia oleh UNESCO di bidang kerajinan dan kesenian rakyat
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengajak masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di Kota Pekalongan, untuk hadir dan meramaikan Pekan Kreatif Nusantara 2022.

“Saya mengucapkan selamat atas terselenggaranya Pekan Kreatif Nusantara 2022. Saya mengajak masyarakat untuk hadir meramaikan Pekan Kreatif Nusantara 2022 yang menghadirkan berbagai produk dan karya kreatif lokal dari pelaku UMKM,” kata Mendag lewat keterangannya di Jakarta, Kamis.

Mendag menyampaikan hal itu saat memberi sambutan secara virtual dalam pembukaan Pekan Kreatif Nusantara 2022, yang digelar pada 30 November–4 Desember 2022 di Pekalongan, Jawa Tengah.

Pekan Kreatif Nusantara 2022 sekaligus menandai sewindu penganugerahan Kota Pekalongan sebagai anggota jejaring kota kreatif dunia oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa- Bangsa (UNESCO).

Zulkifli mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kota Pekalongan atas terselenggaranya Pekan Kreatif Nusantara 2022 tersebut.

Pekan Kreatif Nusantara 2022 menampilkan sejumlah kegiatan utama. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain pameran produk dan karya kreatif dari berbagai kementerian dan lembaga, perguruan tinggi, pelaku usaha swasta, dan perusahaan rintisan.

Digelar pula festival kuliner dan kesenian oleh berbagai pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta pelaku kesenian lokal. Terdapat juga berbagai lomba dan kontes kreatif untuk masyarakat umum.

Mendag mengatakan, Pekalongan telah tercatat sebagai anggota jejaring kota kreatif dunia di bidang kerajinan tangan dan kesenian rakyat oleh UNESCO. Penganugerahan tersebut diberikan pada 1 Desember 2014.

“Pekan Kreatif Nusantara 2022 merupakan peringatan dan perayaan sewindu penganugerahan Kota Pekalongan sebagai anggota Jejaring Kota Kreatif Dunia oleh UNESCO di bidang kerajinan dan kesenian rakyat,” pungkas Mendag.

Baca juga: Mendag optimistis ekonomi Indonesia tumbuh meski ada prediksi resesi
Baca juga: Kemenperin dukung gelaran Pekan Karya Kreatif Indonesia 2022
Baca juga: Sandiaga ajak anak muda jadi wirausaha, perkuat RI hadapi resesi

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022