Kaimana (ANTARA) - Bupati Kaimana, Papua Barat Freddy Thie meminta dukungan Pemerintah Pusat melalui Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk mengembangkan potensi pariwisata daerahnya agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Di hadapan Wapres Ma'ruf Amin bersama rombongan yang melakukan kunjungan kerja di Kaimana, Kamis, Bupati Freddy mengatakan daerahnya memiliki segudang potensi wisata menarik yang bisa dikembangkan untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya ingin menyampaikan kepada Bapak Wakil Presiden yang telah datang berkunjung ke Kaimana, kami punya potensi pariwisata yang luar biasa di sini, bahkan jauh lebih indah dibandingkan dengan daerah lain di Papua Barat," ujar Freddy.

Berbagai potensi wisata baik wisata bahari, wisata sejarah, wisata alam dan lainnya yang dipunyai Kaimana itu, katanya, terus dikembangkan oleh Pemkab setempat agar bisa menarik sebanyak mungkin arus kunjungan para turis baik domestik maupun mancanegara.

Guna mengembangkan kepariwisataan di Kaimana, Pemkab setempat menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya dengan pihak Universitas Udayana Denpasar, Bali.

"Bapak Wapres yang kami muliakan, potensi ini terus kami upayakan agar dapat perhatian dari Pusat, kami telah bekerjasama dengan Udayana untuk menyusun masterplan pembangunan kawasan pariwisata di Kaimana," kata Freddy yang akrab disapa Kaibus.

Masterplan atau rencana induk pembangunan kepariwisataan di Kaimana itu secara garis besar merupakan pengembangan kawasan wisata Teluk Triton yang sangat terkenal akan keindahan alam bawah lautnya dan pulau-pulau karang dengan beragam biotanya.

Guna menarik sebanyak mungkin arus kunjungan wisatawan ke Kaimana, terutama Teluk Triton, Pemkab setempat berencana untuk menggelar sebuah festival yang dinamakan 'Sail Triton' setelah kegiatan Sail Teluk Cenderawasih pada bulan Juli 2023.

"Kami minta dukungan agar ke depan bisa digelar secara rutin kegiatan Sail Triton di Kaimana," kata orang nomor satu di Kabupaten Kaimana itu.

Baca juga: Jakarta Experience Board jajaki kerja sama wisata dengan Papua Barat
 
Warga Kaimana bersama para PNS dan pelajar membentuk pagar betis di sepanjang rute jalan yang dilalui rombongan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dari Bandara Utarom Kaimana menuju kawasan Taman Jokowi-Iriana saat berkunjung ke Kaimana pada Rabu (30/11/2022). (ANTARA/HO-Isabela Wisang)


Wapres Ma'ruf Amin didampingi isteri Ny Wury Ma'ruf Amin bersama rombongan tiba di Bandara Utarom, Kaimana pada Rabu (30/11) petang setelah melaksanakan kunjungan kerja ke Jayapura, Merauke dan Timika.

Kehadiran Wapres di Kaimana disambut antusias masyarakat setempat. Warga bersama ribuan pelajar Kaimana membentuk pagar betis di sepanjang jalan yang dilalui rombongan Wapres dimulai dari Bandara Utarom Kaimana menuju Taman Jokowi-Iriana.

Agenda utama kunjungan Wapres Ma'ruf Amin di Kaimana yaitu meresmikan fasilitas Foodcourt UMKM sekaligus menyapa warga di Taman Jokowi-Iriana pada Kamis siang.

Selain itu, Wapres juga menggelar pertemuan dengan Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw bersama seluruh Bupati dan Wali Kota seluruh Papua Barat, para tokoh adat, tokoh agama di wilayah adat Bomberay.

Sebelum melanjutkan kunjungan ke Biak, Provinsi Papua, Wapres juga menyerahkan bantuan Baznas di Masjid Baitul Rahim Kampung Seram, Kota Kaimana.

Baca juga: UNESCO Global Geopark apresiasi destinasi wisata Raja Ampat
 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022