Beijing (ANTARA) - PM Li Keqiang mengatakan China akan terus membuka sektor keuangannya dan mendorong lebih banyak investasi dari investor lembaga asing yang memenuhi kualifikasi, sembari menjaga stabilitas keuangan domestik.

China akan berusaha menjaga stabilitas dasar nilai tukar mata uang China, renminbi (RMB), dan menjaganya pada level yang wajar dan seimbang, katanya.

China siap untuk meningkatkan kerja sama dengan Uni Eropa (UE) atas dasar saling menghormati dan kesetaraan, serta menangani berbagai perbedaan secara tepat untuk mempromosikan pengembangan yang sehat dan stabil dari kemitraan strategis komprehensif China-UE, kata Li, seraya menekankan bahwa China berharap melihat UE yang bersatu dan makmur.

Baca juga: AS didesak kerja sama dengan China temukan hubungan damai

Kedua belah pihak sepakat untuk melindungi perdagangan bebas dan stabilitas rantai pasokan internasional, serta bersama-sama mengatasi perubahan iklim, keamanan energi, dan tantangan global lainnya.

Keduanya saling bertukar pandangan tentang krisis Ukraina. Li mengatakan bahwa China mendukung setiap upaya untuk menyelesaikan krisis secara damai dan akan terus memainkan peran yang konstruktif.

Michel mengatakan UE mematuhi kebijakan Satu China dan berharap membuat pertemuan para pemimpin UE-China yang terbaru itu berhasil.

Michel menyatakan belasungkawa mendalam atas meninggalnya Kamerad Jiang Zemin, dan Li pun menyampaikan terima kasihnya. 

Baca juga: Dubes China: Kunjungan Xi ke Jepang "berharga" bagi hubungan bilateral
Baca juga: Layanan kereta barang China-Eropa catat kemajuan pesat

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022