Jakarta (ANTARA) -
Agus Suparmanto kembali memimpin Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI) untuk masa bakti 2022-2026 setelah terpilih secara aklamasi dalam musyawarah nasional (munas) tahun 2022 di Bali Dynasty Resort, Bali, Sabtu.

“Tahun ini munas PB IKASI diikuti oleh 27 Provinsi atau Pengprov dengan status peserta tetap dan sebanyak 2 Pengprov sebagai peserta peninjau,” ujar Ketua Panitia Munas IKASI 2022, Arif Jamaludin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.
 
Arif Jamaludin mengatakan pelaksanaan munas merupakan salah satu kegiatan konstitusi dalam AD/ART yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali.

Kali ini munas menetapkan sejumlah agenda utama yakni, menyusun program kerja, mengevaluasi kepengurusan sebelumnya, dan memilih pengurus yang akan memimpin empat tahun ke depan.
 
Adapun tema yang diangkat, lanjut Arif, adalah 'Membangun Persatuan dan Kesatuan demi Prestasi Olahraga Anggar Indonesia'. "Diharapkan bersama seluruh Pengprov dan stakeholder mampu menghasilkan pemikiran dan program kerja untuk kemajuan dan meningkatkan prestasi pada cabang olahraga anggar," ujar Arif menambahkan.

Baca juga: Satu nama lolos verifikasi bakal calon ketua umum PB IKASI 2022-2026
 
Sementara itu Ketua Umum PB IKASI terpilih periode Tahun 2022-2026, Agus Suparmanto, mengajak seluruh Pengprov dan stakeholder untuk bersama membangun prestasi atlet. Hal ini lantaran atlet IKASI seluruhnya berasal dari daerah.
 
“Empat tahun ke depan ini, kita (IKASI) akan meningkatkan kualitas atlet, juga memperbanyak pertandingan untuk mendukung peningkatan kualitas atlet,” kata Agus.
 
Selain itu, Agus juga mengungkapkan ke depan akan terus meningkatkan kerja sama dengan anggar di luar negeri, utamanya Korea dan anggar seluruh Asia.
 
“Kami membina atlet untuk menghasilkan prestasi itu tidak instan, jadi di sini kami memerlukan kerja sama semua pihak untuk membangun olahraga anggar, termasuk masyarakat dengan meningkatkan kecintaan terhadap olahraga anggar, dengan meningkatnya pencinta anggar maka secara otomatis akan menemukan bakat-bakat baru,” ujarnya menambahkan
 
Sementara itu, Ketua KONI Pusat Marciano Norman saat membuka munas PB IKASI Tahun 2022 menekankan agar kegiatan kali ini menjadi momentum untuk mendukung terciptanya program kerja yang optimal. Sehingga mampu menciptakan atlet anggar yang berkualitas dan berprestasi.
 
"Kita tidak boleh melupakan bahwa anggar adalah satu-satunya cabang olahraga yang diberangkatkan ke SEA Games 2021 di Vietnam dan tidak dapat membawa pulang medali," kata Marciano.
 
Marciano berharap lKASI berbenah agar prestasi anggar Indonesia meningkat. Terlebih anggar merupakan cabang olahraga Olimpiade.
 
Sekadar informasi, Agus Suparmanto bukan nama baru dalam dunia olahraga anggar. Sebelumnya dia telah menjabat sebagai ketua umum PB IKASI selama dua periode yakni 2014-2018 dan 2018-2022.

Baca juga: KONI Pusat singgung penurunan prestasi anggar Indonesia
Baca juga: PB IKASI gelar Kejurnas Anggar 2022 untuk jaring atlet potensial

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022