Jakarta (ANTARA/JACX) - Beredar di media sosial Twitter, unggahan video yang menunjukkan harimau melintas di jalan.

Akun pengunggah video berdurasi 15 detik itu menyebut lokasi penampakan harimau itu berada di Wonogiri, Jawa Tengah.

Unggahan pada 5 Desember 2022 itu telah disukai lebih dari seribu kali, diunggah ulang hingga hampir 400 kali, dan mendapatkan komentar dari lebih dari 380 pengguna lain Twitter.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Wonogiri... Ra kaget. Jaman cilik bbrp kali ngerti lewat.”

Sementara lanjutan keterangan di bawah unggahan Twitter itu, pemilik akun menyebut harimau itu sebagai "simbah" yang punya bau busuk jika berada dekat manusia dan bau wangi jika jauh.

Namun, benarkah harimau yang tampak pada unggahan video itu berada di Wonogiri Jawa Tengah?

Unggahan hoaks video yang diklaim penampakan harimau di Wonogiri, Jawa Tengah. Faktanya, harimau harimau belang itu berada di jalan Kurkheda di Gadchiroli, India. (Twitter)
Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, unggahan video harimau berdurasi 15 detik seperti tampak di Twitter itu bukan berlokasi di Wonogiri, Jawa Tengah.

Video serupa ditemukan dalam unggahan YouTube pemilik akun YouTube asal India.

Konten yang muncul pada 31 Maret 2022 itu berjudul “Tiger Crossing Road At Jungle ll Roaring Tiger ll Hebbuli Real Wild Beast at Night”.

Pemilik akun menyebut harimau yang tampak pada video itu berkelamin jantan dengan perkiraan bobot mencapai 300 kilogram.

"Kenyataannya, harimau bukan melintasi jalanan di hutan, melainkan jalanan-lah yang melintasi hutan," demikian keterangan yang ditambahkan akun bernama PRAVARDH MYSORE itu.

ANTARA juga menemukan unggahan berita media lokal di India yang melaporkan peristiwa harimau melintas pada malam hari tersebut.

Dalam unggahan YouTube TV9 Marathi dengan berjudul “Gerakan bebas harimau di Gadchiroli - Tv9”, dijelaskan tentang penampakan harimau belang di jalan Kurkheda di Gadchiroli, India.

Klaim: Video harimau melintas di Wonogiri
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Video tampilkan dinosaurus terlahir kembali

Cek fakta: Hoaks! Binatang tanda hari kiamat telah muncul

Baca juga: BBTNGL ungkap penyebab masuknya harimau ke pemukiman warga

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2022