Jakarta (ANTARA) - Pimpinan Pusat Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Kepolisian Negara Republik Indonesia melakukan audensi dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Rabu.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, Ketua Umum KBPP Polri Evita Nursanty mengatakan pertemuan ini merupakan bagian dari upaya menjaga silaturahmi dengan para tokoh pemerintahan, menjelaskan mengenai perkembangan organisasi KBPP Polri dan kontribusinya dalam pembangunan, serta mendiskusikan berbagai perkembangan nasional maupun global saat ini.

"Kami menjelaskan kepada Bapak Wapres mengenai KBPP Polri yang saat ini terus menata diri menjadi organisasi yang solid, modern, mandiri, dan berwibawa, untuk mendukung transformasi Polri menuju Polri yang presisi menuju Indonesia Maju," kata Evita.

Dia menyampaikan KBPP mendukung misi Polri dan pemerintah sehingga audensi juga untuk menjalankan salah satu pilar KBPP Polri, yaitu penguatan hubungan polri, pemerintah dan publik.

Evita mengatakan KBPP Polri berdiri tahun 2003 berlandaskan Telegram Kapolri Nomor T/219/IX/2001. Organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan ini di bawah pembinaan Kepala Kepolisian Negara dan menjadi satu-satunya wadah putra-putri Polri, yang menggalang potensi segenap anggota serta menjadikan penggerak pembangunan nasional untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Menurut Evita, KBPP Polri memiliki program kerja nyata yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Misalnya, dalam penanganan pandemi COVID-19, KBPP Polri menjadi organisasi yang mengirimkan relawan terbanyak untuk tracing COVID-19 di seluruh Indonesia.

KBPP Polri juga aktif melakukan kegiatan sosial seperti pengiriman bantuan bagi bencana alam, antara lain dalam gempa Cianjur yang terjadi belum lama ini dengan mengerahkan pengurus daerah terdekat, yaitu Jawa Barat dan DKI Jakarta.

KBPP Polri juga menggelar pengobatan gratis, donor darah, khitanan massal, aksi lingkungan hidup, penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, pembinaan talenta muda sepakbola melalui KBPP Polri Cup, dan lainnya.

Secara total, kata Evita, ada 119 program kerja yang telah disusun oleh KBPP Polri melalui rakernas yang berlangsung pada Mei 2022.

"Kami informasikan juga dalam waktu dekat ini pada tanggal 10 hingga 13 Desember 2022 di Bali, KBPP Polri menggelar kompetisi internasional dalam pembinaan talenta muda sepak bola (U10, U11, U12, U13 dan U14), yang insyaallah nanti KBPP Polri juga berkontribusi dalam melahirkan pemain-pemain sepak bola andal berkelas internasional yang siap bermain di Piala Dunia seperti yang sedang ramai saat ini," terangnya.

Dia menyampaikan KBPP Polri memiliki visi menjadi organisasi yang solid, modern, mandiri, dan berwibawa dengan dukungan empat pilar KBPP Polri, yaitu pemanfaatan teknologi, peningkatan SDM, penataan organisasi, serta penguatan hubungan internal dan eksternal (Polri, pemerintah dan publik).

Sesuai AD/ART, anggota utama KBPP Polri adalah anak dan cucu dari anggota Polri, sedangkan anggota biasa adalah putra/putri ASN Polri dan istri atau suami dari anggota utama KBPP Polri.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2022