Program ini dijalankan untuk mengedukasi ibu-ibu di seluruh Indonesia mengenai perilaku hidup bersih dan sehat serta edukasi tentang makanan bernutrisi seimbang yang telah menjangkau 505.000 peserta yang merupakan nasabah PNM Mekaar di Indonesia,
Jakarta (ANTARA) - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berkolaborasi dengan Unilever Indonesia menyelenggarakan program sosialisasi dan pemberdayaan masyarakat dengan tema Ibu Sehat Keluarga Sejahtera (Bu Karsa).

"Program ini dijalankan untuk mengedukasi ibu-ibu di seluruh Indonesia mengenai perilaku hidup bersih dan sehat serta edukasi tentang makanan bernutrisi seimbang yang telah menjangkau 505.000 peserta yang merupakan nasabah PNM Mekaar di Indonesia," kata Sekretaris Perusahaan PNM L Dodot Patria Ary dalam keterangan resmi, Kamis.

Dengan keberhasilan program tersebut pada  2021, pada 2022, PT PNM dan Unilever Indonesia meneruskan kembali serta memperluas program Bu Karsa yang akan diikuti peserta sebanyak 550.00 dari nasabah PNM Mekaar dari 9 provinsi dan 15 kabupaten di Indonesia.

Baca juga: PNM tanami ribuan pohon di hutan Kota Jambi

Pada dasarnya, program Bu Karsa bertujuan memberikan edukasi mengenai perilaku hidup bersih dan sehat serta resep bernutrisi, mendorong perubahan perilaku dengan edukasi yang disampaikan, serta meningkatkan pemahaman ibu-ibu nasabah PNM Mekaar mengenai pola hidup yang bersih dan sehat.

Kegiatan Bu Karsa dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Pertemuan Kelompok Mingguan atau yang biasa disebut PKM.

Penyampaian materi edukasi tersebut dilakukan oleh pendamping Mekaar yang merupakan Senior Account Officer atau Account Officer dari PNM Mekaar.

Baca juga: PNM Bangka latih manajemen usaha 872 nasabah

Program Bu Karsa berisi materi edukasi antara lain pencegahan penyakit dengan cara menjaga kebersihan area rumah dan lingkungan, menjaga kebersihan diri, memilah dan membedakan sampah organik-anorganik, serta edukasi konsumsi makanan bergizi seimbang.

Sebagai bentuk konsistensi PNM mendukung perekonomian, PNM hingga 30 November 2022 telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp164,67 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13,61 juta nasabah.

Saat ini PNM memiliki kantor layanan sebanyak 4.213 di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 provinsi, 513 kabupaten/kota, dan 6.634 kecamatan.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022