dana yang terkumpul dari urunan tersebut mencapai Rp200 juta
Jakarta (ANTARA) - Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkungan Pemerintah kota Jakarta Barat  menghimpun dana untuk disalurkan kepada korban gempa bumi di Cianjur, Jakarta Barat.

"Itu adalah dana urunan dari seluruh ASN lingkungan pemerintah kota Jakarta Barat. Sudah diberikan kemarin," kata Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Barat, Suprapto saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Suprapto mengatakan dana yang terkumpul dari urunan tersebut mencapai Rp200 juta. Uang tersebut pun dibelikan beberapa kebutuhan seperti pakaian, popok, pembalut, hingga kebutuhan pangan lainya.

Suprapto berharap bantuan tersebut berguna untuk meringankan beban korban bencana gempa bumi.

Sebelumnya, Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat mengajak warga untuk memberikan bantuan korban gempa ke Posko Kantor PMI Jakarta Barat di Jalan Wijaya Kusuma, Kecamatan Grogol Petamburan.

Ketua PMI Jakarta Barat, Becky Mardani, menyebutkan kebutuhan prioritas korban terdampak gempa di Cianjur tersebut sebagai informasi bagi warga yang mau memberikan donasi.

"Yang dibutuhkan ada keperluan obat obatan dan kebutuhan pakaian lainnya," kata Ketua PMI Jakarta Barat, Becky Mardani.

Sementara beberapa kebutuhan medis yang diperlukan korban gempa, yakni masker, plastik limbah medis, kantong sampah dan obat-obatan seperti, ranitidin, amoxicilin, obat tetes mata, dexamethasone, dan lainnya.

"Kebutuhan lain yang diperlukan seperti untuk ibu-ibu ya baju tidur, anak anak butuh pampers, obat nyamuk, susu buat anak, alat mandi, selimut, tisu dan kasur lipat," ucap Becky.

Namun demikian, pihaknya tetap menerima uang atau barang apapun selain dari daftar kebutuhan utama tersebut bagi korban gempa.
Baca juga: Badan Geologi periksa tiga lahan relokasi untuk korban gempa Cianjur
Baca juga: Polri lakukan fogging antisipasi DBD di posko pengungsian
Baca juga: Pemkab Cianjur siapkan alat berat percepat pembersihan rumah ambruk

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022