Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya mengadakan layanan kesehatan dan pembagian sembako bagi pemulung di lapak pemulung kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan.
​​
Bakti kesehatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Polda Metro Jaya.

"Inilah wujud polisi melayani, saya ingin memberikan contoh apa itu melayani, melayani itu ya seperti ini, turun, lalu memberikan layanan kepada masyarakat," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Fadil juga menambahkan layanan yang diberikan berupa kesehatan, pendidikan dan yang utama adalah layanan keamanan atau kamtibmas.

Selain itu, Fadil mengajak jajarannya untuk terus turun ke lapangan melihat kondisi riil sehingga dapat menimbulkan rasa empati dan juga memberikan solusi atas permasalahan di masyarakat.

Dia mengatakan, polisi akan turun secara serentak ke seluruh RW untuk menyerap hal yang menjadi keluh kesah dan yang menjadi persoalan masyarakat untuk dapat dipecahkan bersama.

Baca juga: warga terdampak banjir di Mampang terima bantuan dari Polda Metro
Baca juga: Polda Metro gelar patroli malam disertai pembagian sembako

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabidokkes) Polda Metro Jaya Kombes Pol Hery Wijatmoko menjelaskan, pemberian layanan ini ditujukan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Kita cari masyarakat yang membutuhkan yang mana, kita turun ke bawah pada masyarakat yang paling bawah," kata Hery.

Menurut Hery, saat ini pelayanan yang diberikan adalah pemberian 300 paketbl sembako, 150 pengobatan umum dan 75 pengobatan gigi. Kemudian pemberian peralatan sekolah dan untuk kebersihan gigi pada 75 anak serta sunatan masal dan vaksinasi.

Selain layanan kesehatan, Kepolisian juga akan merehab Rumah Penyuluhan Kreatif yang berfungsi sebagai sarana belajar bagi anak-anak pemulung dengan melengkapi listrik, air bersih, televisi dan papan untuk menyampaikan pelajaran (white board).
Baca juga: Polda Metro Jaya berangkatkan relawan untuk bantu korban gempa Cianjur

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022