Boyolali (ANTARA) - Pengelola Bandara Adi Soemarmo Solo di Boyolali, Jawa Tengah, memperketat pengamanan guna mengantisipasi pergerakan kedatangan tamu VIP dan VVIP yang menghadiri acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (11/12).

"Bandara Adi Soemarmo secara keseluruhan siap untuk mendukung kelancaran acara pernikahan putra bungsu Presiden RI," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Yani Ajat Hermawan, di Boyolali, Jumat.

Ia menjelaskan Bandara Adi Soemarmo melakukan beberapa penyesuaian, mulai dari penyesuaian lahan parkir pesawat hingga penambahan personel keamanan untuk mengantisipasi pergerakan tamu VIP dan VVIP yang akan menghadiri acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo.

"Kami akan melakukan penyesuaian agar parking stand Bandara Adi Soemarmo dapat menampung hingga 34 Pesawat, namun kami pastikan penyesuaian itu tidak akan mengganggu jadwal penerbangan reguler," kata Yani.

Sementara untuk menjamin keamanan tamu VIP dan VVIP, pengelola bandara akan menerapkan prosedur standar keamanan berupa pemeriksaan bagasi, pemeriksaan penumpang, pemeriksaan kendaraan menggunakan mirror under vehicle bagi tamu VIP dan VVIP yang melewati akses terminal kargo.

Sedangkan, bagi tamu VIP dan VVIP yang melewati terminal domestik akan dilakukan pemeriksaan bagasi melalui X-Ray Passenger Security Checkpoint (PSCP), pemeriksaan penumpang menggunakan Walk Through Metal Detector (WTMD) dan hand held metal detector (HHMD).

Aelain menambah personel keamanan, pihak bandara juga intens berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait, seperti TNI Angkatan Udara Lanud Adi Soemarmo, Polres Boyolali, Koramil Ngemplak, BIN, dan BAIS. Personel-personel itu rencananya akan turut melakukan penjagaan di Bandara Adi Soemarmo selama acara berlangsung.

Selain itu, kata Yani Ajat, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan anak perusahaan, yaitu Angkasa Pura Support untuk mendatangkan X-Ray dan WTMD.

"Sebanyak satu buah X-Ray dan satu walk through metal detector didatangkan Angkasa Pura Support dari Yogyakarta International Airport dan siap dioperasikan pada H-4 acara ngunduh mantu pernikahan Kaesang dan Erina,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan data di Bandara Adi Soemarmo hingga Jumat ini, dari tanggal 7 hingga 13 Desember, tercatat ada 45 permintaan area parkir untuk pesawat carter, dua permintaan untuk pesawat kepresidenan dan lima permintaan dari maskapai penerbangan untuk mengganti tipe pesawat yang lebih besar. 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2022