dengan produktifitas mencapai 6,6 ton per hektar
Jakarta (ANTARA) - Petani binaan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Barat berhasil memanen 23,1 ton gabah di atas lahan pertanian seluas 3,5 hektar yang berlokasi di Jalan Alas Tua RT 01 RW 04, Kampung Gaga, Semanan, Kalideres.

"Hari ini total hasil panen sebanyak 23,1 ton di atas lahan pertanian seluas 3,5 hektar atau dengan produktifitas mencapai 6,6 ton per hektar," kata Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Barat, Novy Palit saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Puluhan ton gabah ini merupakan hasil panen yang dikelola oleh petani binaan Sudin KPKP Jakarta Barat.

Nantinya, gabah tersebut akan diolah kembali oleh petani agar menjadi beras yang siap untuk dipasarkan.

Tidak hanya penanaman hingga panen,  Sudin KPKP juga  memberikan edukasi terhadap petani untuk membantu mengemas beras agar lebih menarik dan layak untuk dijual.

Selain itu, Sudin KPKP juga berperan penting dalam memberikan penyuluhan agar para petani mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Dengan adanya panen besar ini, Novy berharap sawah di Jakarta Barat bisa menjadi salah satu sumber  yang kuat untuk menopang ekonomi rakyat.

Tidak hanya itu, Novy juga berharap sawah juga bisa menjadi laboratorium dan ruang terbuka hijau agar generasi muda bisa mempelajari dan melestarikan lahan pertanian.
Baca juga: BPS: Produksi padi di Jakut capai 1.969 ton gabah kering giling
Baca juga: Pemprov DKI kirim delapan ton GKP ke Food Station
Baca juga: Food Station serap delapan ton gabah produksi petani Jakarta Utara

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022