Jakarta (ANTARA) - Sejumlah negara menyalurkan bantuan bagi korban terdampak gempa bumi Cianjur melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) di Jakarta, Jumat menyampaikan terima kasih kepada negara-negara yang telah berdonasi untuk masyarakat terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat.

"Kami memiliki keyakinan bahwa Palang Merah akan memanfaatkan kontribusi ini untuk manfaat sebesar-besarnya bagi mereka yang membutuhkan," kata JK dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: 647 keluarga terdampak gempa di Nagrak dapat bantuan dana stimulan

JK menerima kunjungan Duta Besar Thailand untuk Indonesia Prapan Disyatat di Markas PMI Pusat di Jakarta, Jumat, yang menyampaikan bantuan dari Pemerintah Thailand senilai 50.000 dolar AS. Prapan Disyatat mengatakan Pemerintah Thailand dan komunitas bisnis Thailand akan selalu mendukung Indonesia selama masa sulit itu.

Selain dari Pemerintah Thailand, komunitas bisnis Thailand di Indonesia juga memberikan bantuan tambahan senilai Rp 115 juta untuk mendukung misi PMI.

"Kami percaya melalui kekuatan kepedulian dan berbagi, kita dapat menyatukan kekuatan kita untuk maju bersama lebih kuat," kata JK.

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI itu menambahkan pelayanan dan distribusi bantuan dari PMI kepada warga terdampak gempa Cianjur akan dilakukan setidaknya selama enam bulan. Hingga kini, PMI telah mendistribusikan 1,3 juta liter; 19.961 paket barang; serta membangun 319 tenda di sejumlah titik pengungsian bagi penyintas gempa bumi Cianjur.

"Kami (PMI) sudah sediakan fasilitas sanitasi serta layanan distribusi air yang sudah rutin beroperasi sejak H+1 gempa bumi. Kami juga sudah mendistribusikan bantuan dasar, seperti paket makanan, kebersihan, hingga paket bayi. Layanan serta bantuan tersebut tentu butuh dukungan berbagai pihak untuk mempercepat pemulihan," ujarnya.

Selain Thailand, PMI juga telah menerima donasi dari Pemerintah China senilai 100.000 dolar AS, Pemerintah Korea Selatan sebesar 500.000 dolar AS, serta Diaspora Indonesia di Los Angeles sejumlah 23.800 dolar AS.

JK juga menyampaikan penghargaan serta ucapan terima kasih kepada para donatur yang telah mempercayakan bantuannya kepada PMI. Donasi dan bantuan tersebut merupakan wujud solidaritas kemanusiaan, sehingga PMI akan menyalurkannya dengan sebaik mungkin untuk membantu masyarakat terdampak.

Baca juga: BMKG dorong Pemkab Cianjur relokasi sembilan desa di Sesar Cugenang
Baca juga: PMI dan Kemen-PUPR bantu sanitasi dan pipa air bersih di pengungsian
Baca juga: Polda Jabar bersama 5.000 petugas gabungan bersihkan material bangunan


Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022