Jakarta (ANTARA) - Markas Besar (Mabes) TNI membagikan perlengkapan operasi yang merupakan hasil desain Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa kepada prajurit yang akan bertugas dalam menjalankan misi perdamaian.

"Pembagian perlengkapan ini dalam rangka mendukung tugas operasi prajurit," kata Aslog Panglima TNI Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Haryono dipantau dari kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan perlengkapan yang diterima prajurit tersebut berbeda dengan perlengkapan yang sudah digunakan oleh satuan-satuan lain di daerah operasi.

"Ini desainnya langsung dari Bapak Panglima TNI," katanya

Baca juga: Jenderal Dudung perkenalkan seragam baru bermotif loreng TNI AD
Baca juga: Dislitbang TNI AD uji coba seragam PDL buatan dalam negeri


Perlengkapan pendukung operasi yang dibagikan tersebut di antaranya seragam "tactical combed" Mabes TNI, seragam "tactical combed" gurun, sepatu PDL dan sejumlah perlengkapan lainnya.

Senada dengan itu, Komandan Satgas Kizi Minusca Car XXXVII-I Mayor CZI Arif Rachman mengatakan kualitas perlengkapan baru yang diberikan Mabes TNI sangat mendukung di daerah operasi seperti gurun pasir.

"Dari segi kualitas sangat bagus. Bahkan anggota terkejut dan antusias," ujar dia.

Seragam "tactical combed" gurun dibuat menggunakan bahan polyester 90 persen, spandex 10 persen ditambah CVC spandex sehingga saat digunakan dalam iklim panas, seperti gurun masih terasa sejuk dan nyaman.

"Kalau perbedaan, dari baju sendiri bahannya lebih nyaman kalau yang lama memang agak panas," kata dia.

Selain itu, Mabes TNI membagikan perlengkapan medis untuk mendukung misi perdamaian dunia yang diusung Indonesia, khususnya TNI. Personel yang bertugas dibekali sejumlah perlengkapan darurat yang bisa dipakai dalam kondisi tertentu.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022