Taiyuan, China (ANTARA) - Di tengah penurunan suhu yang terjadi baru-baru ini, "bunga-bunga" yang menyerupai kristal tumbuh dari permukaan sebuah danau garam yang dikenal sebagai "Laut Mati China" di Provinsi Shanxi, China utara.

Memiliki berbagai bentuk seperti bunga teratai salju, karang, dan daun pinus, bunga-bunga indah tersebut dikenal sebagai "bunga mirabilite" atau "bunga garam", yang merupakan rangkaian kristal yang bertransformasi dari sodium sulfat pada cuaca dingin.
 
   


Terletak di Kota Yuncheng, danau garam yang diselimuti oleh "bunga-bunga mirabilite" tersebut telah menarik banyak wisatawan.

"Ini adalah pemandangan yang jarang Anda saksikan. Fenomena ini hanya muncul saat suhu tercatat di bawah minus 5 derajat Celsius," ujar fotografer setempat Li Feng.

Mencakup area seluas 132 kilometer persegi, danau itu merupakan satu dari tiga danau air asin pedalaman di dunia yang mengandung sodium sulfat.

Jumlah kadar garam yang terkandung di danau itu sama dengan jumlah kadar garam di Laut Mati dan memungkinkan manusia mengambang di danau tersebut. Menurut para ahli geologi, danau itu terbentuk sekitar 50 juta tahun yang lalu. 
 
 

 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022