menimpa sebuah mobil dan sepeda motor yang melintas
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo mengatakan satu orang meninggal dunia dan empat orang mengalami luka-luka karena kendaraan yang mereka tumpangi tertimpa pohon tumbang di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

"Sebuah pohon dengan lingkar kurang lebih 3 meter di Jalan PB Sudirman tumbang ke arah jalan yang menimpa sebuah mobil dan sepeda motor yang melintas," katanya di Jember.

Menurutnya pohon tersebut tumbang karena memang sudah lapuk, sehingga menimpa sebuah mobil dengan nomor polisi P 1894 KN dari arah selatan menuju ke Kabupaten Bondowoso dan sebuah pengendara motor dari arah utara atau berlawanan dari kendaraan mobil.

"Kejadian tumbangnya pohon tersebut menyebabkan satu korban meninggal dunia yang berada di dalam mobil atas nama Tolha warga Kecamatan Bangsalsari, sedangkan tiga penumpang mobil mengalami luka-luka," tuturnya.

Ketiga korban penumpang mobil yang mengalami luka yakni Baidowi warga Desa Curah Lele, Kecamatan Balung yang mengalami cedera di punggung, kemudian Wahida, warga Desa Curah Lele, Kecamatan Balung mengalami luka sedang, dan Zubaidah warga Kecamatan Bangsalsari mengalami luka ringan di tangan sebelah kanan.

Baca juga: Pohon tumbang di PN Makassar timpa dua pekerja bangunan
Baca juga: Satu orang meninggal dunia akibat tertimpa pohon di Kota Malang

Sedangkan korban pengendara motor yang mengalami luka yakni Ahmad Syafiq Barza warga Kelurahan/Kecamatan Sumbersari mengalami cedera di kaki kanan.

"Mobil korban yang tertimpa pohon tumbang mengalami rusak berat, bahkan petugas harus mengevakuasi sopir mobil yang terjepit hingga menyebabkan yang bersangkutan meninggal dunia," katanya.

Ia menjelaskan semua korban baik yang meninggal maupun luka-luka langsung dilarikan ke Rumah Sakit Daerah (RSD) dr Soebandi Jember, sehingga korban luka langsung mendapatkan perawatan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit setempat.

"Kami mengimbau kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk melakukan pemangkasan dan pemotongan pohon di pinggir jalan yang sudah lapuk apabila sekiranya membahayakan bagi pengguna jalan," ujarnya.

Arus lalu lintas di Jalan PB Sudirman sempat macet total, sehingga tim reaksi cepat (TRC) BPBD Jember melakukan pemotongan pohon tumbang dengan cepat agar akses jalan tersebut bisa dibuka kembali.

Baca juga: Belasan pohon di Kudus tumbang akibat diterjang angin kencang

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022