Jakarta (ANTARA) - ASIOP resmi menjalin kerja sama dengan klub kasta tertinggi Liga Jepang (J-League), Shonan Bellmare, dalam pengembangan dan pembinaan pemain muda serta peningkatan kualitas pelatih.

Kedua belah pihak telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan di ASIOP Training Ground, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Presiden ASIOP Ade Prima Syarif mengatakan kerja sama dengan Bellmare akan berlangsung selama tiga tahun atau hingga 2025.

"Kerja sama ini meliputi beberapa hal terutama untuk membantu siswa-siswa ASIOP dan anak Indonesia bisa pentas di kancah internasional. Karena setelah ini dari Shonan Bellmare akan mengundang anak-anak bertalenta dari ASIOP khususnya anak-anak usia 16-17 tahun untuk bisa latihan di Jepang bersama klub Shonan Bellmare,” kata Ade Prima.

"Selain itu kerja sama ini juga meliputi pembinaan pelatih. Nanti beberapa pelatih ASIOP akan dikirim ke Jepang untuk menambah ilmu kepelatihan dan pengalaman. Kemudian kami juga mendapat undangan untuk ikut Turnamen Internasional Copa Bellmare yang diikuti 24 tim dari 16 negara pada Juni 2023 mendatang,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: ASIOP kirim lima pemain untuk uji coba bersama klub di Spanyol

Dalam kesempatan yang sama, Chairman ASIOP Ade Wellington mengatakan kerja sama dengan Shonan Bellmare ini makin memperluas jaringan kerja sama ASIOP dengan beberapa klub dari sejumlah negara.

Sebelumnya ASIOP telah bekerja sama dengan beberapa klub di Spanyol yaitu UD Logrones, CP Villarrobledo, dan CD Polillas Ceuta.

Kemudian ASIOP juga telah menjalin kerja sama dengan akademi Amerika Serikat, Brooklyn United.

"Kerja sama ini membuat ASIOP lebih banyak lagi membuka link kerja sama dengan pihak di luar negeri," kata Ade Wellington.

"Bahkan Shonan Bellmare juga akan menempatkan satu pelatihnya di ASIOP untuk berbagi ilmu kepelatihan kepada pelatih di ASIOP. Tapi selain itu banyak lagi program yang bisa membantu untuk program dan kemajuan sepak bola ini," katanya menuturkan.

Sementara itu Technical Director Shonan Bellmare Kiyoshi Sekiguchi berharap kerja sama ini bisa memajukan perkembangan sepak bola kedua klub.

"Seperti Akademi ASIOP, Shonan Bellmare juga berkomitmen untuk pengembangan pemain muda. Akademi Bellmare memiliki 1.700 pemain di usia U-12 dan 250 pemain di usia U-13 hingga U-18. Kami berharap kerja sama ini akan memajukan perkembangan kedua klub,” ujar Kiyoshi.

Baca juga: ASIOP siap bersaing level internasional setelah miliki lapangan FIFA

"Secara khusus, mulai tahun depan atau 2023, kami sedang mempertimbangkan pengiriman pemain dari ASIOP ke Jepang untuk mengikuti pelatihan jangka pendek dan untuk berpartisipasi dalam Turnamen Internasional Copa Bellmare U-11 yang akan diadakan di Jepang pada bulan Juni. Kami juga berencana membuka sekolah sepak bola bersama ASIOP dan Bellmare di Jakarta,” ujarnya.

Shonan Bellmare adalah klub anggota J-League atau Liga sepak bola profesional Jepang dan salah satu klub top J1.

Shonan Bellmare telah memenangi Piala Kaisar pada tahun 1994 dan menjadi Juara Asia di Piala Winners Asia pada tahun 1996.

Bellmare juga meraih kemenangan J-League Cup pada 2018 dan dinobatkan sebagai Klub Akademi Terbaik J-League pada 2021 oleh JFA.

Wataru Endo, yang memperkuat timnas Jepang dalam Piala Dunia 2022 di Qatar adalah pemain dari akademi Shonan Bellmare.

Selain itu, Shuto Machino yang merupakan striker Bellmare yang memperkuat Jepang di Piala Dunia 2022.

Tim Nasional Jepang sendiri berhasil membuat kejutan di Piala Dunia 2022.

Tim Samurai Biru berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status juara Grup E dengan mengalahkan raksasa Jerman dan Spanyol.

Sayangnya, negara peringkat 24 FIFA ini harus tersingkir di 16 besar Piala Dunia 2022 usai kalah dari Kroasia lewat adu penalti.

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022