Jakarta (ANTARA/JACX) – Sejumlah pertandingan sepak bola Piala Dunia 2022 menjadi pembahasan warganet, baik dalam negeri ataupun mancanegara, menyusul suguhan dan hasil permainan yang seringkali di luar perkiraan.

Pembahasan warganet itu dapat dilihat dari beragam unggahan yang muncul di plaform media sosial, seperti gambar, narasi, meme, perhitungan statistik, hingga jajak pendapat tentang olahraga sepak bola.

Salah satu unggahan yang beredar di Twitter menunjukan gambar tiang gawang disertai dengan kertas yang di-ikat tali di tiang itu. Kertas berwarna cokelat itu tampak seperti huruf arab.

Akun Twitter pengunggah gambar itu tidak menyebut nama tim atau negara peserta Piala Dunia Qatar terkait kertas di tiang gawang yang dianggap warganet sebagai azimat.

Namun, akun lain menyebut azimat di tiang gawang itu ditempel oleh tim Maroko.

Berikut narasi salah satu akun Twitter sebagai balasan atas unggahan tiang gawang itu:

Y jls marcoro lah Mana ada negara eropa sm america latin yg pake jimat model gt an"

Namun, benarkah foto tempelan kertas yang di-ikat di gawang itu merupakan azimat milik tim Maroko pada pertandingan Piala Dunia 2022?

Unggahan foto hoaks yang dinarasikan terdapat 'jimat' di gawang saat pertandingan Maroko melawan Portugal di Piala Dunia 2022. Faktanya, foto tersebut merupakan editan. Foto asli menunjukan tali yang diikat pada gawang di Stadion Nasional Bahrain. (Twitter)
Penjelasan:
Foto serupa ditemukan dalam laman media asal Bahrain Al-Wasat yang melaporkan foto tentang jaring gawang dengan ikat tali pada Desember 2015.

Namun laporan Al-Wasat itu, tidak terdapat kertas yang di-ikat tali pada tiang gawang sebagaimana unggahan pada Twitter.

Foto jaring gawang yang di-ikat tali pada laporan Al-Wasat dijelaskan merujuk pada gawang di Stadion Nasional Bahrain selama pertandingan antara Riffa Timur dan Busaiteen dalam Liga Sepak Bola Bahrain.

Dengan demikian, didapatkan klarifikasi bahwa unggahan yang diklaim menunjukkan azimat pada tiang gawang merupakan hoaks. Begitupula, hoaks bahwa azimat itu dimiliki tim Maroko.

Klaim: Azimat di gawang tim Piala Dunia Qatar
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Video perayaan dengan senjata atas kemenangan tim Maroko

Cek fakta: Hoaks! Pernyataan FIFA tentang ancaman pembekuan kompetisi sepak bola Indonesia selama 8 tahun

Baca juga: Preview semifinal Piala Dunia 2022: Argentina vs Kroasia

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2022