Jakarta (ANTARA) - CSR PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) yang berupa bangunan klinik darurat modular kini telah beroperasi melayani kebutuhan medis bagi warga Cianjur yang terdampak akibat bencana gempa dahsyat yang terjadi pada 21 November, pukul 13.21 WIB lalu.

Dengan dukungan penuh dari Dinas Kesehatan Cianjur dan sinergi BUMN, Klinik darurat modular kini telah melayani warga yang datang berobat dengan berbagai macam keluhan Kesehatan termasuk pelayanan penyakit dalam. Di klinik ini tersedia tenaga medis dan dokter umum termasuk pelayanan dokter spesialis Jantung yang dilengkapi dengan fasilitas bed, apotek dan fasilitas medis lainnya.

ANTARA/WEGE

ANTARA/WEGE

Menurut Kabid Kesehatan Masyarakat dan PPK Dinas Kesehatan Cianjur dr. Irvan Nur Fauzy, “Bangunan Klinik modular ini sangat cocok digunakan untuk pelayanan medis di area bencana ini, “Kami tidak menyangka WEGE dapat membangun bangunan yang sangat ideal untuk pelayanan Kesehatan di sini,” ujarnya.

Klinik darurat Modular seluas 162 meter persegi ini, dibangun di area SDN Salakawung Kp. Salakawung RT. 03/RW.01 Dusun Sarampad Cugenang Cianjur. Bangunan Modular Lite satu lantai ini berhasil diselesaikan dalam waktu lima hari, dibangun oleh beberapa pekerja tanpa alat berat dengan dukungan warga setempat.

ANTARA/WEGE

Fasilitas kesehatan Klinik Modular ini merupakan yang pertama kali dibangun di lokasi bencana di Indonesia karena memenuhi unsur kecepatan dan ketahanan terhadap gempa susulan yang berpotensi terjadi.

Pembangunan klinik modular tersebut cukup menantang dikarenakan kondisi medan yang berat akibat puing reruntuhan dan timbunan tanah longsor yang menutup akses jalan sekaligus jalur yang sempit dan memakan waktu tempuh 11 jam. Walau begitu, unit modular tersebut berhasil dikirimkan dari pabrikasi modular WEGE di Cileungsi menuju titik lokasi dengan bantuan transportasi sederhana.

Revitalisasi PAUD dengan Modular
Selain berkontribusi dalam kegiatan tanggap darurat gempa Cianjur, di tempat yang berbeda, CSR WEGE juga telah merampungkan pekerjaan Revitalisasi Gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sedap Malam tepatnya berlokasi di jalan Madrasah III RT 002 / RW 10 Kelurahan Cipinang Cempedak, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Dalam waktu enam hari yang dimulai tanggal 21 November 2022, WEGE berhasil menyulap fasilitas pendidikan anak usia dini (PAUD) dengan aplikasi Modular Lite (MOLI) sebanyak 3-unit modul. Selain kepraktisan serta kenyamanan dari ruang yang terbangun, Modular Lite memungkinkan untuk diaplikasikan dalam lingkungan dan akses yang terbatas, didukung material ringan berkualitas mendukung kelestarian lingkungan dengan minimnya waste atas proses pengerjaan yang dilakukan.

Akhir Tahun 2022, WEGE Gelar Donor Darah
Masih berlokasi di wilayah Jakarta Timur, WEGE bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Timur kembali menggelar aksi sosial donor darah. Dari 108 peserta yang mendaftar, berhasil dikumpulkan 93 kantong darah yang dapat bermanfaat bagi kemanusiaan.

Kegiatan donor darah ini rutin diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian seluruh karyawan WEGE dan WIKA Grup untuk membantu PMI dalam mencukupi stok kantong darah. Aksi donor darah ini diselenggarakan pada hari Senin (12/12) yang dipusatkan di Ruang Serba Guna, lantai 11 WIKA Tower 1. Sebelumnya WEGE juga telah mengadakan kegiatan serupa di Cipinang Indah Mall Jakarta, dengan melibatkan partisipasi masyarakat di wilayah Jakarta Timur.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022