"Pada gelombang pertama 17 Maret 2022 yang lalu sudah kita sukseskan pilkades serentak dan sudah terpilih 45 kepala desa. Untuk tahun depan masuk gelombang kedua sebanyak 13 desa dari tujuh kecamatan," ujarnya.
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, Sulawesi Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) fokus merampungkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2023.

  Kepala DPMD Sinjai Yuhadi Samad ketika dikonfirmasi dari Makassar, Rabu, mengatakan sebanyak 13 desa akan melaksanakan pilkades gelombang kedua pada 2023.

  "Pada gelombang pertama 17 Maret 2022 yang lalu sudah kita sukseskan pilkades serentak dan sudah terpilih 45 kepala desa. Untuk tahun depan masuk gelombang kedua sebanyak 13 desa dari tujuh kecamatan," ujarnya.

  Ia menjelaskan, pihak panitia telah menyelesaikan atau proses penetapan daftar pemilih sementara (DPS) dari panitia tingkat kecamatan dan kabupaten yang telah dibentuk sebelumnya.

  Dalam menyukseskan agenda yang direncanakan 9 Maret 2023 tersebut, Pemkab Sinjai melibatkan sejumlah pihak termasuk para organisasi perangkat daerah (OPD).

  Para OPD diberikan tugas khusus memantau pelaksanaan serta memberikan informasi kepada masyarakat untuk menghindari praktek politik uang, dan sebagainya yang bisa merusak sistem demokrasi.

  Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) berharap penyelenggaraan pilkades serentak gelombang kedua ini dapat berjalan lebih baik lagi sekalipun penyelenggaraan pilkades sebelumnya berjalan cukup baik

  "Namun tetap perlu lebih maksimal lagi dalam mengawal prosesnya mengingat dalam setiap proses tahapan dapat muncul potensi-potensi masalah,” tuturnya.

  Selain itu, ia mengharapkan kepada seluruh panitia tingkat Kabupaten dan Kecamatan agar lebih memaksimalkan perannya agar pelaksana pilkades gelombang kedua dapat berjalan sesuai harapan.

  Adapun 13 Desa yang akan menggelar Pilkades ini masing-masing desa Terasa (Sinjai Barat), Alenangka dan Gareccing (Sinjai Selatan), 3 desa di Sinjai Timur Tongke-tongke, Bongki Lengkese dan Salohe, desa Gantarang (Sinjai Tengah), Lappacinrana (Bulupoddo), desa Bonto Katute dan Bonto Tengnga (Sinjai Borong), sedangkan Kecamatan Tellulimpoe ada 3 desa yakni, Massaile, Patongko dan Desa Samaturue.


 
   

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022