Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Yogyakarta pada Kamis mencanangkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis penguat kedua bagi warga lanjut usia (lansia), warga berusia 60 tahun ke atas. 

"Sebenarnya, layanan vaksinasi booster (penguat) kedua untuk lansia sudah dibuka sejak akhir November di seluruh puskesmas dan melalui kick-off kali ini, kami ingin terus menggencarkan vaksinasi untuk warga lansia," kata Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi pada acara pencanangan vaksinasi penguat kedua pada warga lansia di Yogyakarta.

Sumadi mengimbau warga lansia segera menjalani vaksinasi COVID-19 dosis keempat atau dosis penguat kedua untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan COVID-19 mengingat mereka termasuk kelompok rentan dan biasanya punya penyakit penyerta yang bisa memperparah infeksi virus.

Pada pencanangan vaksinasi penguat kedua bagi warga lansia, Pemerintah Kota Yogyakarta menyiapkan 200 dosis vaksin COVID-19 buatan Pfizer bagi warga yang telah mendaftar untuk menjalani vaksinasi melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

Pemerintah Kota Yogyakarta sudah menyediakan layanan vaksinasi penguat kedua bagi warga lansia di seluruh puskesmas sejak November 2022.

Sebanyak 18 puskesmas di Kota Yogyakarta masing-masing sudah punya jadwal pelayanan vaksinasi COVID-19 setiap pekan.

"Kami membuka layanan secara umum baik untuk warga dengan KTP Kota Yogyakarta maupun dari luar daerah. Selama vaksin ada, maka akan dilayani," kata Sumadi.

Ia mengatakan bahwa warga lansia yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 di Kota Yogyakarta seluruhnya sekitar 44.000 orang dan sekitar 81 persen di antaranya sudah mendapat vaksinasi penguat pertama.

Cakupan vaksinasi penguat kedua pada warga lansia juga diharapkan tinggi sebagaimana cakupan vaksinasi penguat pertama.

Di antara warga lansia yang sudah mendapat vaksinasi penguat kedua ada Crescentia Sri Suharsih (60).

"Saya didaftarkan anak. Mudah-mudahan dengan vaksinasi booster kedua ini, bisa tetap sehat. Tidak terpapar COVID-19," kata Sri, warga Kecamatan Umbulharjo yang mengaku belum pernah terinfeksi virus corona.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani mengatakan bahwa pelayanan vaksinasi penguat hanya dibuka sekali sepekan di puskesmas.

"Jadi, sasaran vaksinasi dikumpulkan terlebih dulu agar vaksin yang sudah dibuka tidak ada yg tersisa, karena satu ampul bisa digunakan untuk 20 orang. Makanya ada jadwal khusus vaksinasi di tiap puskesmas," katanya.

Ia mengatakan bahwa puskesmas juga masih menyediakan pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat umum.

Sumadi mengatakan bahwa Kota Yogyakarta siap jika diminta untuk memperluas sasaran vaksinasi penguat kedua pada kelompok masyarakat umum.

"Untuk saat ini, distribusi dan persediaan vaksin cukup lancar dan jumlahnya cukup," katanya.

Baca juga:
Reisa: Pastikan lansia sehat sebelum dapat vaksin penguat kedua
Warga lansia diimbau periksa E-ticket vaksinasi penguat kedua di PeduliLindungi


Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022