Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat segera membangun "Gedung Swadarma" guna menjadi tempat relokasi para pedagang di Jalan Abdul Jalil, Karet Tengsin, Tanah Abang pada awal 2023.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, pembangunan Gedung Swadarma yang seharusnya rampung dikerjakan tahun ini, terkendala persoalan internal dari para pemangku kepentingan (stakeholder).

Baca juga: Kenaikan harga bahan pangan mulai terjadi di dua pasar Jakarta Pusat

"Rencana awal pembangunan gedung selesai Desember 2022, namun mengalami pemunduran waktu sampai Juni 2023 mendatang," ujar Bakwan Ferizan Ginting di Jakarta, Kamis.

Ginting menjelaskan, untuk sementara para pedagang Abdul Jalil yang saat ini ditempatkan di area Masjid Al-Istishom akan tetap berada di lokasi hingga pembangunan gedung tersebut selesai.

"Saat ini, pihaknya tengah melakukan adendum kontrak dari berbagai stakeholder terkait," ucapnya.

Baca juga: Tanah Abang ramai pengunjung menjelang Ramadhan

Ginting mengharapkan, agar semua dapat berjalan dengan lancar untuk meningkatkan perekonomian usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Semua sudah disepakati, kita harapkan semua berjalan lancar untuk meningkatkan perekonomian UMKM yang tadinya berada di pinggir jalan," imbuhnya.

Sebelumnya, Pemkot Jakarta Pusat juga akan menertibkan ratusan pedagang kaki lima (PKL) yang menempati trotoar di depan Pasar Nangka Bungur Jalan Kalibaru Timur, Kelurahan Utan Panjang.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pun sempat meminta Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma untuk menata ulang tiga pasar tradisional di wilayah itu.

"Saya minta ada contoh pasar yang bagus, ada tiga pasar yakni Pasar Serdang, Pasar Nangka Bungur, dan Pasar Rawa Kerbau. Itu kami minta diperbaiki," ujar Heru di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Senin (5/12).


Baca juga: Mudahkan warga, pelayanan publik UMKM buka di Pasar Pagi Mangga Dua

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022