Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga melaksanakan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis, dalam rangka rangkaian Peringatan ke-94 Hari Ibu (PHI) .

"Di Taman Makam Pahlawan Kalibata, kami kembali diingatkan oleh semangat para perempuan dalam memperjuangkan kesejahteraan dan pembangunan bangsa sesuai dengan bidang dan keilmuannya masing-masing," kata Bintang Puspayoga dalam keterangan, Kamis.

Bintang Puspayoga bersama seluruh peziarah melakukan tabur bunga ke makam tokoh perempuan seperti Hasri Ainun Habibie, Kristiani Herrawati (Ani Yudhoyono), Mien Sugandhi, Hamzatoen Roesjda Kiemas, dan Johana Sunarti Nasution.

"Perjuangan mereka merupakan gambaran bahwa perempuan bisa berdaya dan berkontribusi terhadap ketahanan negara apabila mendapatkan akses, kesempatan, dan dukungan yang setara dari seluruh pihak," kata dia.

Para peziarah di antaranya seluruh jajaran Kemen PPPA, Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju, Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), Pimpinan Tinggi Perempuan, Dharma Pertiwi, Bhayangkari, Dharma Wanita Persatuan (DWP), dan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK).

Seusai melaksanakan ziarah, Menteri PPPA memberikan paket bantuan kepada petugas Taman Makam Pahlawan Kalibata berupa dignity kit, sembako, bantuan kacamata sesuai dengan kebutuhan petugas, dan pemeriksaan kesehatan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

"Pemberian bantuan ini merupakan wujud bakti kami terhadap masyarakat, khususnya para petugas Taman Makam Pahlawan Kalibata yang telah berdedikasi menjaga makam ini dengan baik. Terima kasih atas dukungan seluruh pihak, sinergi dan kolaborasi akan menjadi kekuatan bagi kita bersama untuk memberikan yang terbaik kepada Saudara-saudara kita," kata Menteri Bintang.

Baca juga: Perempuan masa kini didorong majukan ekonomi bangsa lewat wirausaha

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022