Kerja sama antara UB dengan para alumni ertujuan untuk membangun kualitas pendidikan, termasuk pada sektor pengembangan dan riset, serta kerja sama sektor bisnis
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Universitas Brawijaya (UB) Malang menggandeng para alumni yang tergabung dalam Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) untuk mengembangkan sejumlah potensi yang dimiliki oleh perguruan tinggi tersebut.

Rektor Universitas Brawijaya Prof Widodo di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu mengatakan, pihak kampus telah melakukan pertemuan dengan para alumni yang saat ini telah bekerja sebagai pucuk pimpinan pada sejumlah bidang, baik di pemerintahan maupun dunia industri dan bisnis.

"Semua menyampaikan dukungan untuk membantu Universitas Brawijaya dengan berbagai model kerja sama," katanya.

Ia menjelaskan, peluang kerja sama yang dilakukan oleh UB  tersebut sangat terbuka baik secara individu maupun melalui kelembagaan dan sektor bisnis. Ada sejumlah potensi kerja sama yang akan dilakukan.

Menurutnya, kerja sama antara UB dengan para alumni tersebut bertujuan untuk membangun kualitas pendidikan, termasuk pada sektor pengembangan dan riset, serta kerja sama sektor bisnis.

"Banyak sekali alumni-alumni yang tertarik untuk investasi bisnis dan kerja sama dengan Universitas Brawijaya, serta pengembangan infrastruktur," katanya.

Ia menambahkan, sejumlah unit bisnis yang menarik perhatian para alumni tersebut antara lain adalah pengembangan infrastruktur yang meliputi bidang bisnis jasa pelayanan, pariwisata dan sektor teknologi informasi.

"UB sudah menginisiasi, tapi kita memang perlu kembangkan lebih besar agar memiliki kompetensi tidak hanya level lokal, tapi kita berharap level ke nasional," kata Widodo.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum IKA UB Prof Ahmad Erani Yustika menambahkan, para alumni yang melakukan pertemuan dengan Universitas Brawijaya merupakan orang-orang yang telah memiliki kiprah pada sejumlah sektor pemerintahan maupun swasta.

"Rektor dan seluruh jajaran dari UB tadi sudah menyampaikan pandangan terkait rencana ke depan dan mencatat keseluruhan aspirasi dan rencana bantuan dari para alumni," ujarnya.

Menurutnya, ada ikatan yang cukup kuat antara para alumni dengan Universitas Brawijaya untuk bersama-sama melihat peluang serta potensi untuk mengembangkan perguruan tinggi tersebut. Saat ini, ada kurang lebih 20 ribu alumni yang tergabung dalam IKA UB.

"Ada ikatan dan komitmen kuat dari para alumni untuk bersama-sama melihat kesempatan dan peluang yang dimiliki bagi pengembangan Universitas Brawijaya yang makin baik di masa depan," demikian Ahmad Erani Yustika.

Baca juga: Prof Widodo ditetapkan sebagai Rektor Universitas Brawijaya 2022-2027

Baca juga: UB lakukan pengamanan bersama BSSN terkait peretasan data alumni

Baca juga: Dekan UB: Pendidikan vokasi harus berorientasi keahlian dan kepakaran

Baca juga: UB gandeng industri bangkitkan usaha pupuk organik cair


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022