Makassar (ANTARA) - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan untuk 12 komoditi pangan jelang perayaan Natal tahun 2022 dan tahun baru 2023 dijamin aman.

"Komoditi kita, terutama 12 pangan itu sangat aman, katakanlah sampai Desember. Untuk Natal dan tahun baru masih bisa berjalan aman," ujar Mentan di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin.

Tercatat, 12 komoditas pangan yang dimaksud untuk menjadi atensi pemerintah masing-masing beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi atau kerbau, daging ayam, telur ayam, kedelai, gula pasir, dan minyak goreng.

Syahrul menjelaskan menjadi tugas utama Kementerian Pertanian menjamin ketersediaan sejumlah bahan pokok bagi masyarakat agar terpenuhi. Selain itu, Presiden Joko Widodo meminta semua menteri terkait menyiapkan stok pangan bagi masyarakat.

Baca juga: Badan Pangan pastikan stok daging sapi aman jelang Natal-Tahun Baru

Baca juga: Pasar Jaya gelar pangan murah jelang Natal dan tahun baru


"Tentu, tugas Kementan menjaga ketersediaan. Presiden juga minta semua menteri, semua pihak pertanian dan yang terkait untuk mempersiapkan ketersediaan pangan kita di Natal dan tahun baru," papar mantan Gubernur Sulsel dua periode ini.

Saat di tanyakan apakah sudah ada langkah-langkah antisipasi bagi upaya spekulan memainkan harga jelang Natal dan tahun baru, kata dia, sudah disiapkan termasuk melibatkan aparat penegak hukum.

"Langkah-langkah itu sudah diambil oleh berbagai pihak terutama menteri yang berkaitan dengan perdagangan dan menteri lain terkait soal pangan. Saya kira, kita telah bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk itu," kata mantan Bupati Gowa dua periode itu seusai nonton bareng final Piala Dunia 2022 di salah satu warkop di Makassar.

Hal senada disampaikan Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Makassar, Lutfie Natsir, bahwa ketersediaan stok pangan dalam perayaan Natal dan Tahun Baru aman dan lancar. Pihaknya tentu berfokus pada pengawasan lalu lintas distribusi hewan dan tumbuhan.

Pihaknya juga telah menggelar apel siaga Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Makassar sebagai langkah antisipasi pengawasan hewan ternak dan tumbuhan termasuk menjaga komoditas pangan yang akan dikonsumsi masyarakat layak dan aman bagi kesehatan.

Dari pantauan, harga sejumlah bahan pokok mulai merangkak naik menjelang perayaan Natal di pasar tradisional Makassar. Harga cabai besar eceran Rp15 ribu dan cabai kecil Rp35 ribu. Setiap kilo naik Rp10 ribu. Begitu pula harga tomat semula Rp12 ribu naik menjadi 15 ribuan per kilogram. Bawang putih dari Rp35 ribu naik menjadi Rp45 ribu.

"Ada beberapa bahan konsumsi naik, seperti tomat, cabai, bawang merah dan beberapa lainnya. Harganya naik rata-rata sampai Rp10 ribuan per kilogram," tutur Darwis pedagang di pasar tradisional Pa'baeng-baeng, Makassar.*

Baca juga: Bupati Jember jamin stok pangan aman saat Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Wamendag tinjau harga pangan di Kendari jelang Natal dan Tahun Baru

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022