Pada saat mudik lalu, Merak-Bakauheni terjadi penumpukan luar biasa yang memang perlu ada extra effort (upaya ekstra) kita untuk mengantisipasi melalui pembukaan penambahan kapal, ....
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berupaya mengantisipasi penumpukan masyarakat yang akan menuju penyeberangan dari Pelabuhan Merak, Banten, dalam momentum libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Staf Ahli Bidang Logistik dan Multimoda Kemenhub Robby Kurniawan dalam Dialog FMB9 bertajuk "Kesiapan Infrastruktur dan Protokol Kesehatan" yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin, mengatakan antisipasi dilakukan berdasarkan hasil evaluasi musim mudik Lebaran lalu.

"Pada saat mudik lalu, Merak-Bakauheni terjadi penumpukan luar biasa yang memang perlu ada extra effort (upaya ekstra) kita untuk mengantisipasi melalui pembukaan penambahan kapal, kemudian juga memanfaatkan pelabuhan-pelabuhan lain seperti Ciwandan dan pelabuhan-pelabuhan eksisting yang ada di sana," katanya.

Baca juga: Astra Infra prediksi trafik tol naik 13 persen pada Natal-Tahun Baru

Oleh karena itu, berdasarkan koordinasi dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Kemenhub akan mengelola agar tidak ada lagi penjualan tiket penyeberangan di lapangan.

"Jadi semua tiket sudah dilakukan (dijual) transaksi secara digital sehingga pengguna bisa melakukan pemesanan. Pembelian tidak dilakukan di lokasi penyeberangan itu sendiri," katanya.

Di sisi lain, Robby menuturkan pihaknya juga mendorong keterlibatan pemerintah daerah (pemda) untuk bisa menerapkan protokol kesehatan di tempat-tempat wisata, karena momentum libur Natal dan tahun baru tidak hanya dimanfaatkan untuk merayakan hari raya keagamaan tetapi juga untuk berlibur dan mudik.

 Sejumlah tempat yang akan menjadi lokasi favorit untuk berlibur di antaranya kawasan Puncak (Jawa Barat), Danau Toba (Sumatera Utara), Jawa Tengah, serta Jawa Timur.

"Sebagaimana disampaikan BNPB, perlu juga keterlibatan pemda dan gugus tugas untuk dapat melakukan prokes di tempat wisata," katanya.

Baca juga: Kakorlantas Polri cek kesiapan Pelabuhan Merak-Bakauheni

Robby menilai salah satu kunci kesuksesan angkutan mudik Lebaran lalu adalah suksesnya sosialisasi dan informasi yang disampaikan kepada masyarakat pengguna yang akan melakukan mobilitas.

Ia pun memberikan apresiasi atas upaya penyampaian aturan dan manajemen rekayasa lalu lintas yang telah membantu suksesnya mudik Lebaran lalu.

"Ini juga termasuk rekomendasi pemilihan waktu kapan harus berangkat dan kapan harus pulang, itu menjadi sangat penting bagi masyarakat yang akan melakukan (mobilitas)," ujar Robby.
 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022