Jakarta (ANTARA News) - Mahasiswa ITS 10 November Surabaya, Agung Suksma, memenangi lomba pembuatan Logo dan slogan promosi produk rotan dan bambu Indonesia.

Mahasiswa tingkat akhir jurusan Desain Produk Industri itu memenangi lomba desain logo dan tagline produk rotan dan bambu yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan.

"Agung punya desain yang lengkap, bukan hanya logo yang bagus, tapi juga slogan kuat," kata Ketua Tim Juri Lomba Desain Logo dan Slogan Rotan dan Bambu Indonesia, Abdul Sobur, di Jakarta, Rabu.

Sobur mengatakan karakter produk bambu dan rotan yang dapat dianyam terwakili dalam desain logo ciptaan Agung, selain slogan "Rotan Bambu 100% Ramah Lingkungan."

"Untuk tahap lomba (karya Agung telah) final, tapi untuk mewakili (logo) negara (panitia) akan melibatkan profesional," kata Sobur tentang penyempurnaan karya Agung.

Agung mengakui karyanya perlu disempurnakan sebagai langkah penguatan kampanye dan branding produk rotan dan bambu Indonesia.

"Anyaman sebagai teknik untuk membuat bahan bambu dan rotan menjadi karya yang digunakan masyarakat," kata Agung terkait arti logo yang ciptaannya.

Agung menambahkan logo itu dibentuk simple mungkin agar mudah diingat orang dan dapat diaplikasikan ke berbagai media promosi.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Gusmardi Bustami mengatakan Kompetisi itu sebagai langkah awal mendukung industrialisasi rotan dan bambu Indonesia sekaligus sebagai upaya untuk menciptakan `creativepreneur` baru di bidang desain.

 (I026)

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012