Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Senin (19/12), mulai dari Jokowi lantik Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI, hingga Puncak arus mudik diperkirakan 23-24 Desember dan 30-31 Desember 2022.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

Jokowi lantik Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Pelantikan Yudo Margono dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 91 TNI tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia, yang ditetapkan di Jakarta pada 19 Desember 2022.

Selengkapnya baca di sini.

Presiden Jokowi instruksikan Yudo Margono jaga netralitas TNI

Presiden Joko Widodo memerintahkan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono untuk menjaga netralitas pasukannya, khususnya saat menghadapi tahun politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

"Agar menjaga netralitas TNI, agar tidak ketarik-tarik ke dalam politik praktis," kata Presiden Jokowi usai melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Sri Mulyani: Tak ada yang kontroversial soal anggaran rumah presiden

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan anggaran pembangunan rumah Presiden Joko Widodo sudah sesuai ketentuan yang berlaku dan tidak ada yang kontroversial dalam anggaran pengadaan itu.

"Saya tidak ingat. Nanti saya lihat kalau sudah ada. Tapi, itu sesuai peraturan, sudah ada standar, jadi tidak ada yang kontroversi," kata Sri Mulyani di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Sekjen KPU bantah intimidasi rekayasa hasil verfak parpol

Sekretaris Jenderal KPU, Bernad D Sutrisno, membantah mengintimidasi anggota sekretariat KPU di tingkat provinsi untuk merekayasa atau memanipulasi hasil verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilu 2024.

"Tuduhan bahwa saya melakukan intimidasi dan ancaman melalui panggilan video pada 7 November 2022 itu tidak benar karena setiap kegiatan sudah ada tim teknis yang memiliki tugas untuk menjelaskan substansi," ujar dia, saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Puncak arus mudik diperkirakan 23-24 Desember dan 30-31 Desember 2022

Pemerintah memprediksi puncak arus mudik pada perayaan Natal jatuh pada 23—24 Desember 2022 dan 30—31 Desember 2022 pada perayaan Tahun Baru 2023.

Dalam rapat terbatas persiapan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, Presiden RI Joko Widodo memberikan arahan kepada para menteri terkait untuk mempersiapkan terkait dengan mobilitas penduduk pada masa libur Natal dan tahun baru yang diperkirakan mencapai 44,17 juta orang.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022