Kita terus membahas kendala-kendala yang dihadapi (KIH), pertama, supaya para pengusaha masuk ke dalam kawasan industri halal
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI sekaligus Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Ma’ruf Amin mengatakan pihaknya terus berupaya menemukan solusi atas berbagai kendala yang dihadapi kawasan industri halal (KIH).

"Kita terus membahas kendala-kendala yang dihadapi (KIH), pertama, supaya para pengusaha masuk ke dalam kawasan industri halal," ujar Wapres usai memimpin Rapat Pleno KNEKS di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan pihaknya sedang melakukan penelitian, upaya-upaya serta kendala yang terjadi terutama yang berkaitan dengan insentif, baik fiskal maupun nonfiskal.

"Oleh karena itu, hari ini termasuk kami evaluasi hambatan dan pengembangan industri halal itu," kata dia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani selaku Sekretaris KNEKS mengatakan insentif yang telah disiapkan pemerintah untuk menarik investor atau pengusaha ke kawasan industri halal bukan hanya dari sisi kebijakan fiskal, tetapi juga dari sisi nonfiskal.

"Terutama di Bintan dan Kepri, sehingga bisa menjadi global hub dan meningkatkan value chain industri halal dunia," ujarnya.

Plt Direktur Eksekutif KNEKS Taufik Hidayat melaporkan hingga Desember 2022, tingkat keterisian pengusaha atau investor di tiga kawasan industri halal masih relatif rendah.

Dia menyampaikan tingkat keterisian di Modern Halal Valley Cikande sebesar 19 persen, Halal Industri Parks Sidoarjo 33,1 persen, dan Bintan Inti Halal Hub 4,7 persen.

"Diperlukan dukungan Kemenko Perekonomian untuk mengoordinasikan integrasi industri dari hulu ke hilir di tiga KIH tersebut," kata Taufik.

Baca juga: Wapres sebut capaian kinerja KNEKS cukup signifikan
Baca juga: Wapres pimpin Rapat Pleno KNEKS evaluasi capaian kinerja
Baca juga: Menteri Keuangan laporkan persiapan Rapat Pleno KNEKS kepada Wapres


Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022