Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita penting dan menarik bidang ekonomi pada Selasa (20/12) yang masih layak disimak pada Rabu pagi ini, mulai dari realisasi APBN yang mencatatkan defisit Rp237,7 triliun per 14 Desember 2022 hingga Program Kartu Prakerja skema normal akan dimulai pada triwulan I- 2023.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca :

1. Sri Mulyani: APBN catat defisit Rp237,7 triliun per 14 Desember

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mencatat defisit Rp237,7 triliun per 14 Desember 2022 atau 1,22 persen dari produk domestik bruto (PDB).

"Defisit ini menggambarkan APBN menjadi sehat kembali," ungkap Sri Mulyani dalam konferensi pers "APBN KITA Desember 2022" secara daring di Jakarta, Selasa.

Baca berita lengkapnya di sini

2. KNEKS terus cari solusi atasi kendala kawasan industri halal

Wakil Presiden RI sekaligus Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Ma’ruf Amin mengatakan pihaknya terus berupaya menemukan solusi atas berbagai kendala yang dihadapi kawasan industri halal (KIH).

"Kita terus membahas kendala-kendala yang dihadapi (KIH), pertama, supaya para pengusaha masuk ke dalam kawasan industri halal," ujar Wapres usai memimpin Rapat Pleno KNEKS di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa.

Baca berita lengkapnya di sini

3. Menkop Teten targetkan ada 50 wirausaha disabilitas pada 2023

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menargetkan ada 50 wirausaha baru dari kelompok penyandang disabilitas pada 2023 dengan didirikannya koperasi disabilitas pertama di Indonesia, yakni Koperasi Pemasaran Tangguh Berdikari Indonesia.

"Dengan berdirinya koperasi dan lembaga inkubasi ini, kami menargetkan agar tahun depan dapat berdiri 50 perusahaan atau wirausaha baru dari penyandang disabilitas yang bisa kompetitif dan sustainable dalam menjalankan usahanya. Ini angka yang cukup ambisius tapi kita yakin kita bisa menjalankannya," katanya.

Baca berita lengkapnya di sini

4. PLN jamin keandalan listrik nasional selama libur Natal-Tahun Baru

PT PLN (Persero) menjamin keandalan listrik nasional selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dengan menyiagakan 3.000 posko dan 78.000 personel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan semua pembangkit listrik dalam kondisi prima dan pasokan energi primer juga aman. Kondisi itu jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Baca berita lengkapnya di sini

5. Airlangga: Program Kartu Prakerja skema normal mulai triwulan I-2023

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan pelaksanaan Program Kartu Prakerja dengan skema normal atau pelatihan offline akan dimulai pada triwulan I- 2023.

Dengan skema normal, dia menjelaskan metode pelatihan akan dilakukan secara offline, online, dan hybrid, serta insentif yang diberikan akan dilakukan penyesuaian dan ditargetkan akan menjangkau 1 juta penerima, kata dia dalam acara bertajuk “Program Prakerja Menjawab Tantangan Dunia Kerja”, melalui keterangan di Jakarta, Selasa.

Baca berita lengkapnya di sini


Baca juga: Ekonom: APBN 2023 harus tunjukkan kemampuan belanja yang lebih baik
Baca juga: Kemarin, kedatangan beras impor sampai Tol Japek II Selatan bagi Gol I
Baca juga: Menkeu: Penerimaan pajak naik 41,93 persen jadi Rp1.634,36 triliun

 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022