Canberra (ANTARA) - Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese, Rabu, mengatakan hubungan Australia-China telah memberikan manfaat signifikan bagi kedua negara.

Hari ini menandai 50 tahun sejak Pemerintah Australia, yang kala itu di bawah PM Gough Whitlam, secara resmi mengakui dan membuka hubungan diplomatik dengan Republik Rakyat China pada 21 Desember 1972.

"Merupakan kebahagiaan bagi saya untuk mengirimkan harapan terbaik saya kepada Anda menjelang peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara Australia dan China. Demi manfaat bersama kedua negara kita, Australia dan China memiliki hubungan yang stabil karena hubungan tersebut bermanfaat bagi ekonomi kita, budaya kita, dan masyarakat kita," kata Albanese dalam sebuah video yang diunggah di media sosial.

Dalam kurun 50 tahun sejak hubungan bilateral itu terbentuk, China telah menjadi mitra dagang terbesar Australia. Pesan Albanese itu dirilis setelah Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong tiba di Beijing dalam sebuah kunjungan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022