Beijing (ANTARA) - Penasehat Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong mengadakan pertemuan ke-6 Dialog Luar Negeri dan Strategis China-Australia di Beijing, Rabu (21/12).

Wang Yi, yang juga anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China (CPC), menyatakan bahwa kunjungan Penny Wong bertepatan dengan peringatan 50 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara kedua negara tersebut. Wang menambahkan kunjungan tersebut memiliki makna simbolis.

China dan Australia tidak memiliki keluhan sejarah maupun konflik kepentingan mendasar, katanya. Kedua belah pihak harus menjadi mitra kerja sama yang saling membutuhkan.

Dengan mempertahankan perkembangan yang sehat dan stabil dari kemitraan strategis komprehensif China-Australia dapat memenuhi kepentingan mendasar kedua bangsa. Selain itu, hal itu juga kondusif untuk mempromosikan perdamaian dan pembangunan di kawasan Asia-Pasifik dan dunia, kata Wang.

China menghargai kesediaan pemerintah baru Australia untuk meningkatkan dan mengembangkan hubungan bilateral. China dan Australia juga harus bersama-sama mengimplementasikan konsensus penting yang dicapai oleh para pemimpin kedua negara guna mencapai tujuan itu, ujar Wang.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022