Cianjur (ANTARA) - Polres Cianjur, Jawa Barat menerapkan rekayasa arus ganjil genap hingga sistem satu arah guna mengantisipasi macet total pada malam Natal dan Tahun Baru 2023 di sepanjang jalur utama Puncak-Cianjur.

Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan di Cianjur, Kamis mengatakan untuk pengamanan malam Natal dan Tahun Baru 2023, pihaknya menyiagakan sebanyak 1.500 personel gabungan yang akan ditempatkan di 15 posko pengamanan mulai dari perbatasan Puncak hingga Jalan Raya Bandung-Cianjur.

"Sebanyak 1.500 personel gabungan disiagakan selama Operasi Lilin Lodaya 2022, mereka akan dibagi dalam 15 pos pengamanan dan 1 pos terpadu. Dari Polres disiagakan 700 personel, selebihnya dari tim gabungan TNI, Satpol PP, Dishub, dan tim kesehatan," katanya.

Khusus untuk pengamanan malam natal di masing-masing gereja yang ada di Cianjur, pihaknya akan menempatkan 15 orang anggota berseragam guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga yang merayakan.

"Di Cianjur terdapat 37 gereja yang saat natal akan dijaga 15 orang petugas, sebelum perayaan natal, akan dilakukan pemeriksaan luar dan dalam ruangan secara ketat guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani saat menjalankan kegiatan," katanya.

Sedangkan terkait rekayasa arus saat natal dan tahun baru, pihaknya akan menerapkan sistem ganjil genap dan buka tutup satu arah ketika terjadi antrean dengan laju kendaraan tersendat. Seribuan lebih petugas serta tim pengurai macet akan disiagakan di sepanjang jalur rawan macet.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Polres Bogor, dalam penerapan sistem ganjil genap dan satu arah secara situasional karena tahun sebelumnya hal yang sama sudah diterapkan saat hari terakhir bulan Desember dan hari pertama bulan Januari.

"Penutupan jalur mulai dari Cianjur menuju Puncak akan ditutup menjelang malam pergantian tahun tepatnya mulai pukul 19.00 WIB hingga sekitar pukul 01.00 WIB. Penutupan dimulai dari bundaran Tugu Lampu Gentur sampai Puncak Pass," katanya.

Selama penutupan jalur dilakukan saat malam pergantian tahun, arus kendaraan dengan tujuan Bogor diarahkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi."Kita arahkan pengendara dengan tujuan Bogor dan seterusnya ke Jonggol atau Sukabumi saat malam pergantian tahun," kata Doni.

Baca juga: Kementerian PUPR: Warga Cianjur bisa segera huni 80 rumah tahan gempa
Baca juga: Warga Cianjur berhamburan keluar rumah karena gempa dangkal
Baca juga: BPBD Cianjur tuntaskan penanganan longsor jalur Cianjur selatan

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022