Badung (ANTARA) - PT Jasamarga Bali Tol memperkirakan kendaraan yang melintas di Jalan Tol Bali Mandara akan meningkat selama masa liburan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, meski jalan ini bukan merupakan jalur mudik.

"Karena pengalaman tahun-tahun sebelumnya, terjadi lonjakan volume lalu-lintas menjelang akhir tahun," ujar Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol I Ketut Adiputra Karang di Kabupaten Badung, Kamis.

Ia memperkirakan pada masa libur Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 volume lalu lintas di jalan tol yang menghubungkan Kota Denpasar-Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai-kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung itu akan mencapai sekitar 35.000-37.000 kendaraan perhari.

"Jumlah itu meningkat jika dibandingkan periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dengan volume lalu lintas di Jalan Tol Bali Nandara sebesar 18.000 kendaraan per hari," kata dia.

Ketut Adiputra Karang menjelaskan pihaknya memprediksi puncak volume lalu lintas pada masa liburan akhir tahun 2022 akan terjadi pada Jumat 23 Desember 2022 dan 30 Desember 2022.

Untuk itu, pengelola jalan tol telah mengantisipasi terjadinya peningkatan kunjungan wisata dan volume lalu-lintas di jalan tol dengan sejumlah persiapan dan melakukan sejumlah koordinasi.

"Kami sudah berkoordinasi dengan instansi terkait dan mendirikan Posko Natal dan Tahun Baru. Armada dan Sumber Daya Operasional kami juga siap 24 jam melayani pengguna jalan tol," ungkap dia.

Baca juga: BPJT PUPR: Uji coba transisi sistem tol MLFF di Bali pada 1 Juni 2023

Menurut dia, seluruh sumber daya operasional seperti Patroli Jalan Tol, PJR, Ambulans, Rescue, Derek dan Posko Lebaran disiagakan 24 jam. Para petugas operasional pun siap memberikan layanan optimal.

Untuk memantau kondisi lalu lintas terkini, Jalan Tol Bali Mandara telah memiliki kamera 53 CCTV, VMS (Rambu Informasi Elektronik) dan Anemometer atau alat pengukur kecepatan angin.

Sedangkan, apabila terjadi peningkatan volume lalu lintas, Ketut Adiputra Karang menambahkan pihaknya sudah menyiapkan mobile reader kartu pembayaran tol di setiap gerbang tol.

"Pengisian ulang bisa dilakukan di Drive Thru Top Up Uang Elektronik yang beralamat di Jalan Pelabuhan Benoa, tepatnya di bawah Simpang Susun Benoa," ujar dia.

Ia mengingatkan kepada seluruh pengguna jalan tol untuk tetap berhati-hati, selalu mematuhi rambu-rambu setiap kali berkendaraan di jalan tol khususnya rambu batas kecepatan dan memastikan kondisi kendaraan dalam kondisi yang baik.

"Apabila mendapat kesulitan di jalan tol, silahkan menghubungi sentral komunikasi Jalan Tol Bali Mandara di One Call Center Jasa Marga di 14080 dan Posko Natal dan Tahun Baru yang dipersiapkan untuk membantu para pengguna jalan, petugas kami akan siap memberikan bantuan yang dibutuhkan," tambah Ketut Adiputra Karang.

Baca juga: Jasa Marga: Lalin Tol Bali-Mandara meningkat selama beautifikasi G20

Baca juga: PT JBT sebut penataan Tol Bali-Mandara untuk KTT G20 telah selesai

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022