Titik rawan macet di Jalan Tol Jakarta-Cikampek biasanya terjadi dari Km 48 hingga Km 62 dari arah Jakarta.
Karawang (ANTARA) - Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono mengimbau agar pengendara mewaspadai titik rawan macet di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 48 hingga Km 62 dari arah Jakarta menuju Cikampek pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2023.

"Titik rawan macet di Jalan Tol Jakarta-Cikampek biasanya terjadi dari Km 48 hingga Km 62 dari arah Jakarta. Tapi kami siapkan rekayasa lalu lintas," kata AKBP Aldi Subartono, di Karawang, Sabtu.

Titik tersebut rawan macet, karena terdapat rest area di Km 57 dan adanya titik pertemuan antara kendaraan yang melintas dari jalan layang MBZ dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Hal tersebut sesuai dengan hasil evaluasi saat pengamanan arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri.

Aldi menyampaikan, pihaknya telah melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kemacetan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Di antara rekayasa lalu lintas tersebut ialah melakukan contraflow dan one way.

Khusus penanganan one way, kendaraan dari arah Cikampek menuju Jakarta diarahkan keluar tol, melintasi jalan arteri Karawang.

Kemudian pengendara masuk kembali ke jalur tol melalui gerbang Karawang Timur atau gerbang Tol Karawang Barat.

Di jalur arteri, Polres Karawang bersama jajaran Dishub setempat menambah jumlah rambu lalu lintas. Hal ini untuk mencegah pengendara salah arah.

Sementara itu, pada Sabtu pagi, sekitar pukul 09.40 WIB, petugas melakukan contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari Km 47 (Karawang) hingga Km 61 (Dawuan).

Contraflow dilakukan menyusul terjadinya kepadatan arus lalu lintas di sepanjang jalan tol dari Km 48 hingga akses masuk rest area Km 57.
Baca juga: Tol Japek diberlakukan lawan arus mulai Km 47 hingga 61
Baca juga: Libur Natal, kondisi lalu lintas Tol Japek terpantau padat

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022