Jakarta (ANTARA) - Proyek tenaga surya terapung di Bendungan Sirindhorn yang berada di Thailand timur laut kini menjadi destinasi wisata populer, dengan pusat pameran dan "Nature Walkway" sepanjang 400 meter, tempat pengunjung dapat menikmati pemandangan bendungan itu dan pemandangan panel surya terapung.
 
(Xinhua)


Setelah satu tahun beroperasi secara komersial, proyek itu menunjukkan potensinya yang tidak hanya berfungsi sebagai sebuah percontohan untuk transformasi energi, tetapi juga sebagai platform untuk memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi mata pencaharian.
 
   (Xinhua)


Dengan hasil produksi energi bersih rata-rata sekitar 90 juta kilowatt-jam (kWh) per tahun, proyek tersebut mencapai tujuannya untuk menyediakan energi ramah lingkungan dengan biaya yang rendah dan sangat stabil.
 
(Xinhua)


Proyek hibrida tersebut menghasilkan listrik melalui energi surya pada siang hari dan tenaga air pada malam hari, memperpanjang periode pembangkitan listrik yang berkelanjutan dan mengurangi fluktuasi dalam energi terbarukan.


                                                                                                   (Xinhua)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022