kejadiannya sekitar pukul 20.30 WIB dan tidak ada korban jiwa
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon berukuran besar di Kampung Ciwaru, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tumbang menutup ruas jalan nasional yang menghubungkan Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi dengan Kabupaten Lebak, Banten, Rabu.

"Pohon yang tumbang di Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok ini jenis kelewih dengan diameter sekitar 60 cm dan tinggi 15 meter. Kejadiannya sekitar pukul 20.30 WIB dan tidak ada korban jiwa," kata salah seorang warga setempat Supriyadi di Sukabumi, Rabu.

Informasi yang dihimpun dari warga, akibat pohon tumbang ini tidak hanya menutup akses jalan utama dan tidak bisa dilalui kendaraan baik dari Cisolok menuju Lebak maupun sebaliknya, tetapi juga memutus jaringan listrik di Kecamatan Cisolok serta Cilongrang, Lebak.

Akibatnya listrik padam di sebagian wilayah di Kecamatan Cisolok dan Cilongrang, bahkan hingga pukul 21.00 WIB listrik belum juga menyala. Petugas penanggulangan bencana bersama warga kesulitan mengevakuasi batang pohon yang melintang di tengah jalan ditambah hujan deras masih mengguyur lokasi kejadian.

Baca juga: Pohon tumbang akibat angin kencang tutupi jalan nasional di Sukabumi
Baca juga: Hujan lebat dan angin kencang menumbangkan 52 pohon di Mataram

Menurut Supriyadi, selain pohon tumbang, satu tiang listrik ikut roboh dan batang pohon itu pun menimpa warung milik warga yang saat kejadian warung tersebut dalam keadaan kosong.

Sementara, Kepala Dusun 3 Cikahuripan Yuli Kusworo mengatakan kejadian pohon tumbang ini merupakan yang kesekian kalinya, bahkan belum lama tidak jauh dari lokasi juga terjadi hal yang sama. Meskipun tidak ada korban jiwa, tetapi jalan itu belum hingga kini belum bisa dilalui kendaraan khususnya mobil, truk dan sejenisnya.

Pihaknya pun meminta kepada instansi terkait atau berwenang untuk segera melakukan penertiban terhadap sejumlah pohon yang tumbang, karena di sekitar lokasi masih banyak pohon berukuran besar yang rawan tumbang dan kondisinya sudah tua serta keropos.

Baca juga: DLH Mataram sebut Jalan Langko jadi kawasan rawan pohon tumbang

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022