Jakarta (ANTARA) -
Coca-cola Europacific Partners Indonesia menggelar pelatihan untuk para pegiat mangrove di Kepulauan Seribu
 
Pelatihan diikuti oleh 25 orang pegiat mangrove Kelompok Wanita Tani (KWT) Rumah Hijau, Kelompok Tani Hutan (KTH) SKP Samo-samo, Kelompok Petani Mangrove Panggang Sejahtera dan Pemandu Wisata yang tergabung di Pokdarwis Kelurahan Pulau Panggang dengan menghadirkan narasumber dari Taman Nasional Kepulauan Seribu yang juga berlokasi di Pulau Pramuka.
 
Dalam upaya peningkatan pengetahuan mangrove dan ekosistemnya, para pegiat lingkungan di kawasan konservasi Kepulauan Seribu mendapat pelatihan peningkatan kompetensi interpretasi mangrove untuk mendukung ekowisata kawasan konservasi Kepulauan Seribu, 26-28 Desember 2022.
"Diharapkan dengan pelatihan peningkatan kompetensi interpretasi mangrove ini, para pegiat mangrove di Pulau Pramuka dan Pulau Panggang dapat memiliki pengetahuan dan kemampuan yang lebih mumpuni untuk memahami detail fungsi ekologis yang dapat memperkaya upaya pelestarian hutan mangrove," kata Regional Corporate Affairs Manager Central Indonesia, CCEP Indonesia Nurlida Fatmikasari dalam keterangan pers pada Jumat.
 
Sementara itu Mahariah selaku penyuluh kehutanan swadaya masyarakat yang juga penerima penghargaan Kalpataru pada 2017 menjelaskan bahwa ekosistem mangrove selain memiliki fungsi fisik secara ekologis, fungsi sosial dan fungsi ekonomis termasuk di antaranya ekowisata yang diharapkan terus dapat berkembang sejalan dengan target pelestarian hutan mangrove di pesisir seperti di Kepulauan Seribu.
 
Dengan target penanaman mangrove sejumlah 10,000 yang dilakukan setiap tahunnya di Pulau Pramuka, diharapkan dengan pelatihan yang diselenggarakan selama tiga hari, para pegiat mangrove dapat lebih memahami manfaat mangrove sehingga dapat memacu masyarakat lainnya untuk berpartisipasi melestarikan hutan mangrove dan mengalami peningkatan daya tarik pariwisata berkelanjutan di daerah pesisir.

CCEP Indonesia juga mendukung konservasi mangrove di Pulau Pramuka dengan melakukan penanaman lebih dari 10,500 bibit mangrove sejak 2020.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022