Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita penting dan menarik bidang ekonomi pada Jumat (30/12/2022) yang layak disimak pada Sabtu pagi ini, mulai dari sukuk ritel lebih mudah dibeli dari tiket Blackpink hingga IHSG berhasil bergerak di zona positif sepanjang 2022.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

Sri Mulyani: Lebih susah beli sukuk ritel daripada tiket "Blackpink"

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebutkan saat ini sudah lebih susah untuk membeli sukuk negara atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ritel dibandingkan dengan tiket girl band asal Korea Selatan, Blackpink.

Hal tersebut lantaran sukuk ritel kian diminati dan pada saat penerbitannya cenderung cepat diborong oleh investor.

BI catat modal asing keluar Rp3,51 triliun selama sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat terdapat aliran modal asing keluar sebesar Rp3,51 triliun selama satu pekan ini, yakni pada 26-29 Desember 2022.

Dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengungkapkan modal asing keluar tersebut berasal dari pasar surat berharga negara (SBN) sebesar Rp880 miliar dan dari pasar saham senilai Rp2,63 triliun.

Dunia usaha sambut pencabutan PPKM Covid-19

Kalangan dunia usaha menyambut baik pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diumumkan secara resmi oleh Presiden Jokowi, Jumat, ini.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan pencabutan PPKM akan menjadi peluang bagi para pelaku usaha untuk menata kembali usahanya, terutama bagi para pelaku usaha yang sempat lesu akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Menparekraf Sandiaga Uno dukung pariwisata berbasis konservasi di TNBB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendukung pengembangan pariwisata berbasis konservasi di Taman Nasional Bali Barat (TNBB).

Dukungan itu disampaikan Sandiaga setelah menerima laporan dari Kepala Taman Nasional Bali Barat Agus Ngurah Krisna Kepakisan dan Bupati Jembrana I Nengah Tamba dalam rangkaian kunjungan kerjanya di kabupaten tersebut, Jumat.

BEI: IHSG berhasil bergerak di zona positif sepanjang 2022

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Iman Rachman mengatakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil bergerak di zona positif sepanjang tahun 2022.

​​​​​​​Adapun per 29 Desember 2022 IHSG tercatat berada pada level 6.860,08 atau naik 4,23 persen dibanding tahun 2021.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022