Jerusalem (ANTARA) - Menteri Keamanan Nasional Sayap Kanan Israel Itamar Ben-Gvir mengunjungi kompleks tempat masjid Al-Aqsa di Yerusalem pada Selasa.

Langkah itu dikecam oleh rakyat Palestina yang menganggap aksi tersebut sebagai sebuah provokasi.

Situs berita Ynet news menerbitkan foto Ben-Gvir yang berkeliling di lokasi komplek Al-Aqsa dengan pengamanan ketat.

Kompleks tersebut merupakan lokasi paling suci ketiga bagi umat Islam setelah Mekah dan Madinah, dan juga lokasi paling sakral bagi agama Yahudi karena orang Yahudi percaya di sinilah dua kuil kuno (Temple Mount) berada.

Baca juga: Mantan PM: Kunjungan menteri Israel ke Al-Aqsa 'provokasi sengaja'

Pemimpin oposisi serta mantan perdana menteri Israel Yair Lapid telah memperingatkan bahwa kunjungan Ben-Gvir ke kompleks Al-Aqsa itu dapat memicu aksi kekerasan.

Hanya orang Muslim yang diperbolehkan beribadah dalam lokasi tersebut, dan tidak ada indikasi bahwa Ben-Gvir beribadah di sana saat kunjungannya.

Kementerian Luar Negeri Palestina mengecam keras kunjungan ke Masjid Al-Aqsa oleh menteri Israel Ben-Gvir yang dianggap sebagai provokasi yang tidak pernah terjadi sebelumnya dan aksi berbahaya yang dapat bermuara menuju konflik.

Ben-Gvir dilantik pada pekan lalu sebagai bagian dari pemerintahan baru yang dipimpin oleh Benjamin Netanyahu yang juga mencakup partai keagamaan dan partai sayap kanan .

Sumber: Reuters

Baca juga: Yordania minta Israel hentikan pelanggaran di kompleks Al Aqsa

Baca juga: Pakistan ikut mengutuk serbuan Israel ke Masjid Al Aqsa

Penerjemah: Fadhli Ruhman
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023