setelah PPKM dicabut, para pedagang berharap omzetnya lebih baik
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo melanjutkan kunjungan kerjanya ke Provinsi Riau dengan meninjau aktivitas perdagangan di Pasar Bawah, Kota Pekanbaru, guna melihat dampak perekonomian setempat usai pencabutan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Dalam keterangannya usai meresmikan Tol Pekanbaru-Bangkinang, Jokowi mengatakan kunjungannya tersebut memastikan bahwa optimisme para pedagang bisa terus meningkat di 2023.

"Saya masuk ke Pasar Bawah untuk melihat geliat ekonomi di pasar utamanya, yang berkaitan dengan omzet apakah dibandingkan tahun 2021 lebih baik, para pedagang menyampaikan 2022 lebih baik. Tapi setelah PPKM dicabut, para pedagang berharap omzetnya lebih baik. Artinya, di tahun 2023, semuanya berharap dan optimisme lebih baik dari tahun 2022," kata Jokowi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Salah satu pedagang di Pasar Bawah, Masria, mengaku bangga karena Provinsi Riau menjadi provinsi pertama yang dikunjungi Presiden Jokowi di 2023.

"Pertama kali kami merasa bangga di tahun 2023 kami dapat kunjungan di sini. Pertama sekali Pak Presiden (Jokowi) langsung ke Riau, kunjungan perdananya tahun 2023. Kami bangga sekali," kata Masria.

Baca juga: Presiden: Tol Pekanbaru-Bangkinang tumbuhkan daya saing produk Riau

Saat berjumpa dengan Jokowi, Masria mengatakan Jokowi tertarik dengan salah satu barang dagangannya berupa kain songket khas Riau.

"Alhamdulillah tadi Bapak (Presiden) suka ini songket yang papa mama, langsung beli yang warna hijau, lembut (bahannya), Bapak (Jokowi) suka," tutur Masria.

Selain itu, pedagang lain bernama Meri mengaku senang atas kunjungan Jokowi ke Pasar Bawah. Meri pun berharap agar kunjungan Jokowi itu dapat menarik masyarakat untuk mengunjungi pasar tersebut.

"Baru pertama kali jumpa, ada dag dig dug juga, senang gitu baru pertama kali jumpa; tapi senang sudah berkunjung ke Pasar Bawah, biar Pasar Bawah itu terpromosi juga ke daerah luar. Selain itu, Pasar Bawah ini juga terkenal dari mana-mana. Kalau ke Pekanbaru nggak ke Pasar Bawah, itu nggak afdal," ujar Meri.

Turut mendampingi Jokowi dalam kunjungan tersebut ialah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Gubernur Riau Syamsuar.

Baca juga: Jokowi kunjungi pasien anak di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru
Baca juga: Presiden Jokowi tiba di Riau untuk resmikan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023