Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai mengingatkan warga pesisir Manggarai, Nusa Tenggara Timur, waspada terhadap potensi banjir rob atau banjir pesisir di wilayah itu hingga 8 Januari 2023.

"Kami imbau warga waspada potensi banjir pesisir atau rob di pesisir utara dan selatan wilayah Kabupaten Manggarai mulai hari ini hingga 8 Januari 2023," kata Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai Decky Irmawan ketika dihubungi dari Labuan Bajo, Jumat.

Baca juga: BPBD ingatkan warga Manggarai waspada angin kencang dan tanah longsor

Dia mengatakan peringatan dini itu dikeluarkan karena wilayah Manggarai sedang berada pada musim hujan dan adanya Ex Siklon Tropis Ellie di Australia bagian barat yang memicu peningkatan kecepatan angin termasuk dalam wilayah Manggarai.

Selanjutnya ada aktivitas Gelombang Rossby dan Gelombang Kelvin yang menyebabkan wilayah Manggarai diprakirakan berpotensi hujan intensitas ringan hingga sedang disertai angin kencang dari pagi sampai sore hari selama tiga hari ke depan.

Decky mengatakan warga yang tinggal di pesisir pantai harus mewaspadai banjir rob yang menyebabkan naiknya air laut ke pesisir pantai. Apabila hujan disertai angin kencang terjadi dalam durasi panjang, warga yang tinggal di pesisir pantai harus segera mengungsi. Kondisi ini tentunya juga mengganggu aktivitas warga yang sehari-hari bekerja sebagai nelayan.

Baca juga: BMKG imbau warga waspadai peningkatan kecepatan angin di NTT

Selain potensi banjir rob, Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai juga memberikan peringatan dini waspada terhadap gelombang laut yang mencapai empat meter di Laut Sawu bagian utara dan Selat Sumba bagian timur yang dapat mencapai 2,5 meter. Decky mengingatkan para nelayan untuk berhati-hati saat melaut dan tidak melakukan aktivitas saat gelombang tinggi ini terjadi.

"Hati-hati saat melakukan aktivitas di laut karena angin bertiup dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan mencapai 46 kilogram per jam," katanya.

Atas berbagai peringatan dini yang dikeluarkan ini, Decky meminta masyarakat untuk dapat mengantisipasi dampak yang ditimbulkan, seperti berhati-hati dalam beraktivitas dan segera mencari pertolongan dari pihak kebencanaan yang ada di lingkup pemerintah desa.

Baca juga: BMKG ingatkan warga Manggarai Barat waspada banjir dan tanah longsor

"Kami minta warga agar lebih siap dalam menghadapi puncak musim hujan terutama wilayah yang rentan banjir dan tanah longsor," katanya.

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023