Jakarta (ANTARA) - Seekor panda raksasa liar di wilayah Lushan di Kota Ya'an, Provinsi Sichuan, China barat daya, berhasil diselamatkan melalui upaya bersama antara warga desa setempat, otoritas kehutanan, polisi, dan tim ahli, setelah ditemukan di halaman milik seorang warga desa.

Pada Kamis (5/1) pagi, polisi setempat menerima laporan bahwa seekor panda raksasa ditemukan di halaman seorang warga di Desa Xiaohe, Dachuan.

Satwa liar itu terlihat tidak sehat saat ditemukan, terbaring lunglai, serta tampak lesu dan tidak nafsu makan saat diberikan daging dan apel, menurut para saksi.

Pihak kepolisian dan pejabat kehutanan daerah bergegas ke lokasi setelah menerima laporan tentang panda raksasa tersebut.

Meski tidak ditemukan tanda-tanda trauma, pekerja kehutanan setempat menduga panda itu kemungkinan besar sakit atau sedang mencari makanan dan air, yang membuat satwa tersebut harus menuruni bukit dan memasuki desa.

Pada Kamis sekitar pukul 16.00 waktu setempat, tim ahli dari basis penangkaran panda Bifengxia di Ya'an, di bawah Pusat Penelitian dan Konservasi Panda Raksasa China, membawa panda liar tersebut ke rumah sakit hewan untuk dilakukan observasi dan perawatan lebih lanjut.

Satwa itu dikonfirmasi sebagai panda jantan dewasa dengan berat sekitar 58 kilogram. Para ahli telah memberikan pertolongan pertama terhadap panda itu dan pemeriksaan fisik lebih lanjut serta perawatan medis kini sedang dilakukan.

Dachuan adalah bagian dari taman nasional panda raksasa seksi Lushan, dan beberapa warga desa baru-baru ini melaporkan adanya jejak panda raksasa liar.

Ini kali ketiga panda liar dilaporkan memasuki desa setempat sejak Desember 2022. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023