Jakarta (ANTARA) - Ajang penghargaan Golden Globe Awards kembali digelar yang akan dibuka pada Selasa (10/1) pukul 8 malam waktu setempat atau Rabu (11/1) pukul 8 pagi WIB, setahun setelah Hollywood memboikot acara tersebut.

Presiden Hollywood Foreign Press Association (HFPA) Helen Hoehne mengatakan sebagian besar tokoh yang mendapatkan nominasi tahun ini diharapkan menghadiri upacara karpet merah yang akan diadakan di Beverly Hills, California, Amerika Serikat.

"Kami mendapat tanggapan yang sangat bagus dari para nominasi. Sangat sedikit yang tidak datang di acara ini, jadi kami sangat senang," kata Hoehne, mengutip laporan Reuters yang disiarkan Senin (9/1) waktu setempat.

Memasuki penyelenggaraan ke-80, Golden Globe telah dikenal sebagai ajang penghargaan meriah Hollywood. Acara ini membantu mendorong para penerima nominasi dan pemenang untuk naik ke "tingkat" Academy Awards.

Masa depan Golden Globe diragukan setelah penyelidikan Los Angeles Times tahun 2021 mengungkapkan bahwa organisasi tersebut tidak memiliki keanggotaan jurnalis kulit hitam. Beberapa anggota juga dituduh membuat pernyataan seksis dan rasis.

NBC sempat menghentikan siaran Golden Globe pada tahun lalu, namun pada tahun ini jaringan televisi itu setuju untuk menayangkan ajang penghargaan itu lagi setelah HFPA menerapkan perubahan dan aturan etika baru.

“Organisasi ini benar-benar mengalami proses reformasi total dalam 18 bulan terakhir. Kami meningkatkan keragaman, transparansi, akuntabilitas," kata Hoehne.

Acara Golden Globe akan dibawakan oleh Jerrod Carmichael, seorang komedian kulit hitam. Salah satu sorotan Golden Globe yaitu Eddie Murphy yang akan menerima penghargaan pencapaian seumur hidup.

Beberapa penerima nominasi yang diharapkan hadir termasuk Brad Pitt dan lawan mainnya di "Babylon" Margot Robbie, Steven Spielberg dan pemeran film "The Fabelmans," bintang "The Woman King" Viola Davis, sutradara "Avatar" James Cameron, dan penyanyi Rihanna.

Namun beberapa selebriti tampaknya tidak hadir di Golden Globe. Salah satunya seperti Brendan Fraser, yang mendapat nominasi untuk film "The Whale", yang pernah mengatakan bahwa dirinya tidak akan hadir setelah dugaan pelecehan yang dilakukan mantan presiden HFPA.

Lainnya seperti Tom Cruise diperkirakan tidak akan hadir meskipun "Top Gun: Maverick" masuk nominasi. Pada tahun lalu, Cruise sempat mengembalikan piala Golden Globe yang pernah diraihnya sebagai bentuk protes atas organisasi HFPA.



Baca juga: Sutradara "Decision to Leave" akan hadiri Golden Globe 2023

Baca juga: "The Banshees of Inisherin" pimpin nominasi Golden Globe

Baca juga: Para pemenang Golden Globe 2022

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023