Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi menyampaikan bahwa Indonesia, sebagai bagian dari kawasan Pasifik, telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kerja sama dengan negara-negara di kawasan, terutama Pasifik Selatan dalam satu tahun terakhir.

Hal itu disampaikan Menlu dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri 2023 yang digelar di Jakarta, Rabu.

“Kerja sama pembangunan diperkuat antara lain melalui pembangunan Regional Agriculture Training Center di Fiji untuk penguatan ketahanan pangan di Pasifik,” kata Retno.

Selain itu, menurut dia, serah terima lapangan futsal multi-guna di Kepulauan Solomon juga telah dilakukan guna mendukung Pacific Games serta pembangunan rumah sakit di negara tersebut juga telah dimulai.

Menlu Retno sendiri telah melakukan kunjungan kerja ke Fiji dan Kepulauan Solomon pada September lalu.

Indonesia juga telah menjadi tuan rumah penyelenggaraan dua forum kerja sama pada Desember 2022, yakni Archipelagic and Island States Ministerial Forum serta Indonesia-Pacific Forum for Development atau IPFD.

“IPFD akan menjadi wadah untuk pengembangan kerja sama pembangunan secara kelembagaan di kawasan Pasifik,” ujar Menlu Retno.

Baca juga: Komitmen kuat Indonesia di kawasan Pasifik

Baca juga: Kanada ingin bangun stabilitas Indo-Pasifik bersama Indonesia


Dia menambahkan bahwa komitmen Indonesia terhadap kawasan Pasifik tak hanya tercermin dalam upaya-upaya di tingkat regional, namun juga di tataran global.

Di bawah presidensi Indonesia di G20 pada tahun lalu, untuk pertama kalinya wakil dari Pacific Island Forum diundang dalam rangkaian acara yang diselenggarakan.

Telah dihasilkan pula sebanyak 10 proyek kerja sama yang khusus didedikasikan untuk negara-negara Pasifik Selatan, di mana dua di antaranya diinisiasi oleh Indonesia.

Sebagai tambahan, Indonesia telah menyuarakan komitmen terhadap kawasan Pasifik secara tegas. Sebagaimana dikatakan oleh Menlu Retno dalam penyelenggaraan IPFD di Nusa Dua, Bali pada Desember 2022.

"Komitmen Indonesia terhadap Pasifik tak pernah putus. Sebuah keluarga tak akan meninggalkan satu sama lain," kata Retno.

Baca juga: Adu pengaruh di kawasan Indo-Pasifik dan cara Indonesia menyikapinya

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023