Jakarta (ANTARA) - PT PGN Tbk, selaku Subholding Gas Pertamina, akan merealisasikan pembangunan jaringan gas rumah tangga atau jargas di Kota Jambi pada 2023.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Mushtasyar dalam keterangannya di Jakarta, Jumat mengatakan potensi pelanggan jargas di Kota Jambi sekitar 15.000 sambungan rumah (SR).

"Diharapkan program pembangunan jargas ini juga dapat menyasar sektor komersial seperti UMKM, restoran, dan hotel, sehingga manfaat gas bumi dapat lebih optimal dirasakan masyarakat dan dunia bisnis," katanya.

Wakil Wali Kota Jambi H Maulana menyampaikan apresiasi atas pembangunan jargas di wilayahnya.

"Saya beberapa waktu lalu bertemu PGN membahas terkait pembangunan jargas di Kota Jambi dan hari ini Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Mushtasyar hadir untuk menindaklanjuti rencana tersebut," ujar Wakil Wali Kota Jambi H Maulana saat audiensi dengan PGN di Kantor Wali Kota Jambi, Kamis (12/1/2022).

Ia mengatakan masyarakat Jambi sudah berharap segera dapat sambungan gas.

Maulana pun menyampaikan pihaknya mendukung penuh dalam hal perizinan, koordinasi dengan pemerintah pusat, daerah tingkat satu maupun pihak-pihak terkait lainnya, termasuk penyediaan lahan infrastruktur, MRS, dan lain-lainnya.

"Kami siap mendukung program ini dan tahun 2023 sudah mulai dilaksanakan. Semoga masyarakat mendapatkan manfaat yang besar dari pelaksanaan program ini," tambahnya.

Terdapat 11 kecamatan yang sudah dialiri jargas di Kota Jambi, di antaranya Jelutung, Kota Baru, Alam Barajo, Telanipura, dan Danau Sipin.

Pembangunan jargas ini akan melengkapi program gas kota (city gas) dari pemerintah pusat.

Achmad juga mengatakan pada 2023, pihaknya merencanakan penambahan jargas di Kota Jambi dengan prioritas melalui dana investasi internal PGN. Meski, PGN Grup juga melaksanakan pembangunan jargas dengan APBN.

"Pada Januari 2023 ini kami tindak lanjuti dengan bagaimana rencana kami ke depan untuk mengelola ataupun pengembangan jargas. Kami sedang menyusun timeline pelaksanaan pembangunan jargas di Kota Jambi. Kita akan laksanakan segera di 2023 ini, sesuai dengan yang sudah dicanangkan sebelumnya," ujarnya.

Pembangunan dan pengelolaan jargas di Kota Jambi nantinya akan dilaksanakan oleh PGN Area Palembang. Saat ini ada 10.506 SR pelanggan yang aktif, dengan sumber pasokan gas dari JOB Pertamina-Talisman Jambi.

Untuk realisasi perluasan pembangunan ke depan, lanjutnya, PGN Area Palembang terus melaksanakan survei kepada calon pelanggan.

Achmad berharap pertumbuhan penggunaan jargas di Kota Jambi juga dapat berimbas pada perluasan penggunaan gas bumi di sektor UMKM, komersial, hingga industri.

"Dengan demikian, dapat membantu perekonomian masyarakat setempat. Kelebihan gas bumi yang lebih efisien dari bahan bakar lainnya, sehingga bisa menghemat biaya produksi dan mendorong daya saing," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Jambi nilai pembangunan jargas PGN bantu pertumbuhan ekonomi

Baca juga: PGN suplai gas bumi 1.750 MMBTU/bulan ke industri bumbu mi instan

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023