Jakarta (ANTARA) - China mendesak Korea Selatan (Korsel) untuk terus menangani dan mengelola isu Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) dengan baik guna mencegahnya menjadi batu sandungan yang menghambat hubungan bilateral, demikian disampaikan seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) China pada Jumat (13/1).

Juru Bicara Kemenlu China Wang Wenbin menyampaikan pernyataan tersebut pada konferensi pers harian ketika diminta untuk berkomentar mengenai persiapan draf laporan Korsel tentang penilaian dampak lingkungan pangkalan THAAD.

Wang mengatakan bahwa China mengamati dengan cermat langkah-langkah Korsel terkait isu THAAD dan menjaga komunikasi dengan Korsel di semua tingkatan mengenai masalah ini.

"Kami berharap pihak Korsel akan terus menangani dan mengelola isu THAAD dengan baik sesuai dengan konsensus tentang THAAD yang dicapai antara Anggota Dewan Negara China Wang Yi dan Menteri Luar Negeri Korsel Park Jin ketika mereka bertemu di Qingdao pada Agustus tahun lalu, sehingga dapat mencegahnya menjadi batu sandungan yang menghambat hubungan bilateral," imbuhnya.

Pewarta: Xinhua
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2023