Insya Allah hari ini akan ditanam pohon se-Jawa Barat sejumlah 50 ribu pohon.
Bekasi (ANTARA) -
DPD PDI Perjuangan Jawa Barat (PDIP Jabar) menanam 50 ribu pohon di 27 kabupaten/kota di Jabar dalam rangka Penghijauan Nasional yang diinisiasi oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
 
"Insya Allah hari ini akan ditanam pohon se-Jawa Barat sejumlah 50 ribu pohon sesuai dengan hari ulang tahun PDI Perjuangan," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar Ono Surono saat Penghijauan Nasional di tepi Sungai Kalimalang, Tambun Selatan, Bekasi, Minggu.
 
Kegiatan ini diikuti oleh ribuan kader partai yang mayoritas ibu-ibu dan perempuan muda.
 
Ono mengatakan, kegiatan Penghijauan Nasional itu merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-50 PDIP.
 
Apalagi, lanjut dia, Megawati Soekarnoputri juga telah menginstruksikan kader untuk turun ke bawah di tengah-tengah rakyat.
 
"Kegiatan penghijauan nasional ini bukan hanya di Kabupaten Bekasi, tapi dilaksanakan di 27 kabupaten/kota dan pada hari yang sama jam yang sama teman-teman di 27 kabupaten/kota juga melaksanakan menanam pohon bersih-bersih sungai," kata Ono seraya mengatakan pihaknya juga melakukan bersih-bersih sungai dari sampah.
 
Anggota DPR RI itu menambahkan bahwa pihaknya tengah menjalankan ekspedisi Trisakti yang terfokus pada tiga hal penting. Pertama, pencegahan dan penanganan stunting.
 
Kedua, rehabilitasi lahan kritis dan pemanfaatan kebun dan pekarangan rakyat.
 
"Dimana saat ini sudah ada 130 hektare yang dikelola oleh DPD PDI Perjuangan se Provinsi Jawa Barat," ujarnya pula.
 
Ketiga, kata Ono lagi, melaksanakan kegiatan untuk pendampingan terhadap keluarga, dalam menciptakan menu inovasi berbasis pangan lokal yang murah dan bergizi.
 
Penjabat Bupati Kabupaten Bekasi Dani Ramdan mengapresiasi kegiatan Penghijauan Nasional melalui penanaman pohon itu.
 
Bahkan, Dani menyebut bahwa kegiatan penanaman pohon dan pembersihan sungai ini merupakan kegiatan emas. Hal itu, kata Dani, sesuai dengan semangat HUT ke-50 PDIP yang juga ulang tahun emas.
 
"Atas nama Pemkab Kabupaten Bekasi, kami mengapresiasi atas kegiatan penanaman pohon dan pembersihan sungai ini. Kegiatannya ini bernilai emas, karena penanaman pohon di bantaran sungai sangat strategis," kata Dani Ramdan.
 
Dani juga menyebut, jika kegiatan penanaman pohon selain menjaga lingkungan, juga mencegah bangunan liar tumbuh.
 
Dia pun berharap lewat aksi penanaman pohon oleh DPD PDIP Jabar ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih, tanaman yang ditanam merupakan pohon buah-buahan.
 
"Masyarakat mendapat hasil dari pohon buah-buahan yang ditanam ini, peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kami ajak semua pihak bersama-sama memelihara tanaman ini bisa tumbuh subur dan berbuah," ujar Dani lagi.
 
Ketua DPC PDIP Kabupaten Bekasi Soleman menyebut, pihaknya telah menyiapkan lahan seluar 3 hektare yang akan ditanam.
 
Hari ini akan ditanami 2 hektare dan sebanyak 500 pohon jambu kristal dan mangga Indramayu akan ditanam di tepian Sungai Kalimalang.
 
"Pematangan lahan dilakukan 4 hari. Dibantu BPBD Kabupaten Bekasi. Akan dilanjutkan pematangan lahan dan penanaman pohon di daerah pesisir Kalimalang," kata Soleman pula.
Ketua DPP PDI Perjuangan Tri Rismaharini bersama Ketua DPP PDIP Sukur Nababan saat menghadiri kegiatan Penghijauan Nasional di tepi Sungai Kalimalang, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (15/1/2023). ANTARA/Syaiful Hakim
 
Hadir dalam acara itu juga Ketua DPP PDIP Sukur Nababan, Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini, Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono, Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka hingga Anggota DPR RI Nico Siahaan.
Baca juga: TNGM lakukan penghijauan lahan bekas kebakaran
Baca juga: Taman Nasional Merapi hijaukan lahan bekas kebakaran

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023