Shijiazhuang (ANTARA) - Lebih dari 64.000 ekor burung migran baru-baru ini terlihat di sebuah cagar alam di Provinsi Hebei, China utara, demikian pihak berwenang setempat mengatakan.

Selama operasi pemantauan burung migran 2022-2023 yang dilakukan pada 7 hingga 11 Januari, para petugas menemukan 60 spesies burung migran, ujar Zhang Yuguang dari biro perlindungan sumber daya Cagar Alam Nasional Danau Hengshui.

Burung-burung ini meliputi enam spesies yang mendapat perlindungan nasional kelas satu di China, seperti bebek Baer dan bangau putih oriental, bertambah dua spesies jika dibandingkan dengan periode 2021-2022, kata Zhang.

"Bebek Baer dan bangau putih oriental merupakan 'penghuni jangka panjang' Danau Hengshui," tambah Zhang.

"Kami juga memantau 16 spesies burung di bawah perlindungan nasional kelas dua, bertambah tiga spesies dibandingkan dengan periode 2021-2022." tuturnya.

Sebuah survei untuk bebek Baer dan bangau yang melakukan migrasi musim dingin pada periode 2022-2023 juga telah diselesaikan, dengan 42 ekor bebek Baer dan 3.860 bangau abu-abu berhasil dipantau.

Danau Hengshui merupakan satu-satunya cagar alam nasional di dataran China utara yang memiliki ekosistem lahan basah lengkap dengan rawa, air, dataran lumpur, padang rumput, dan hutan lahan basah.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023